Published On: Wed, Feb 3rd, 2016

10 Februari, Pemilihan Rektor Unpatti Digelar

Share This
Tags

Untitled-172Hingga kini jadwal pemilihan calon Rektor Unpatti periode 2016-2020 belum jelas. Namun tersiar kabar,  Menris­tekdikti, M Natsir telah merestui pemilihan digelar Rabu (10/2).

“Agenda menteri sangat padat dan sudah dijadwalkan menteri akan menghadiri pemilihan rektor Unpatti Rabu (10/2) mendatang,” ujar sumber Siwalima di Kemen­ristekdikti, Selasa (2/2).

Kendati demikian, KPCR me­ngaku telah kembali menyurati Menristeksikti mempertanyakan kepastian jadwal pemilihan rektor ini.

“KPCR sudah mengirimkan surat ke Menristekdikti melalui email sejak siang tadi,” ungkap sumber Siwa­lima, di Kampus Unpatti, Selasa (2/2).

Sumber itu mengatakan, email tersebut langsung dikirimkan ke Sekretaris Pribadi Menristekdikti agar secepatnya dapat dikonfirmasi.

Sementara itu, Ketua KPCR,  Jantje Tjiptabudy yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya suratnya menyurati Menristekdikti sehingga diharapkan jadwal pemilihan Rektor Unpatti itu segera direstui. “Mudah-mudahan surat tersebut segera dires­pons untuk memastikan jadwal pemilihannya,” kata Tjipta­budi, mela­lui telepon selulernya, Selasa (3/2).

Dikatakan, saat ini KPCR hanya menunggu perkembangan keputu­san dari Kemenristekdikti.

Semula tersiar kabar, pemilihan akan dilakukan 3 atau 4 Februari. Namun kemudia tertunda, karena belum juga ada keputusan resmi Menristekdikti.

Tiga guru besar yang lolos seba­gai calon rektor yaitu Thomas Pen­tury, MJ Sapteno dan Tonny D Pariela.

Sesuai ketentuan, penyaringan dilakukan terhadap empat bakal calon yaitu Thomas Pentury, MJ Sapteno, Tonny D Pariela dan Alex Retraubun. Hasilnya tiga bakal calon yang menempati posisi teratas akan diusulkan ke Menristekdikti untuk disahkan sebagai calon rektor.

Pemilihan tersebut diikuti 60 dari 62 anggota Senat Unpatti. Dua guru besar yang tak hadir yaitu Aurellia Tatipata dan Dominggus Malle. Hasil menempati Pentury berada di posisi pertama dengan memper­oleh 21 suara, disusul Sapteno 16 suara, Pariela 13 suara dan Retraubun 10 suara. Otomatis impian Retraubun untuk memimpin Unpatti kandas.

Pihak Kementeristekdikti memiliki hak suara yang cukup besar dalam tahap terakhir, yakni sebesar 35 persen (setara 33 suara), sementara senat memiliki hak suara 65 persen. Apabila menteri berhalangan hadir, maka kehadirannya akan diwakilkan. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>