Published On: Fri, Jan 15th, 2016

10 Personel Militer Ditahan Iran, AS Salahkan Kerusakan Navigasi

Share This
Tags

6197c670-e4a4-4a5c-8581-4bdd5813f1fc_169Otoritas Amerika Serikat menyalahkan navigasi yang rusak sebagai pemicu ditahannya dua kapal patroli AS beserta 10 personelnya oleh Iran. Insiden ini sempat memicu kemarahan di kalangan politikus pengkritik pemerintahan Presiden Barack Obama.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter tidak menjelaskan lebih rinci soal insiden yang terjadi pada Selasa (12/1) malam waktu setempat. Namun yang jelas, dua kapal patroli milik Angkatan Laut AS berakhir di dalam wilayah perairan Iran, dan akhirnya ditahan Garda Revolusioner Iran.

“Semacam kerusakan navigasi,” sebut Carter mengenai penyebab insiden tersebut, seperti dilansir AFP, Jumat (15/1/2016).

Dampak dari insiden tersebut, dua kapal dan 10 personel Angkatan Laut AS sempat ditahan semalam, sebelum akhirnya dibebaskan ke perairan internasional. Insiden ini terjadi ketika dua kapal patroli AS itu tengah berlayar dari Kuwait menuju Bahrain, yang memang melewati perairan Iran.

“Kami akan mencari tahu lebih banyak soal faktor-faktor yang berkontribusi pada kerusakan navigasi tersebut, tapi jelas mereka ada di luar posisi yang seharusnya,” terang Carter.

Namun yang membuat geram musuh politik Obama ialah video yang menampilkan para tentara AS berlutut dengan tangan mereka ada di belakang kepala. Kemudian pernyataan salah satu tentara AS yang meminta maaf atas insiden ini ditampilkan di televisi setempat dan juga televisi AS.

Anggota parlemen dari Republik menyebut hal ini menunjukkan lemahnya AS dalam menghadapi agresi Iran.

Saat ditanya dalam konferensi pers apakah Iran melanggar Konvensi Jenewa dengan menampilkan foto tentara AS yang ditahan, Carter tidak menjawab tegas. “Jelas, saya tidak suka melihat personel kita ditahan oleh militer asing,” ucapnya.

“Kita tidak tahu konteksnya secara utuh. Apa yang Anda lihat melalui lensa media Iran. Kita perlu memberikan kesempatan kepada personel kita untuk memberitahu apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana konteks keseluruhannya, sebelum kita bisa memahaminya,” tegas Carter.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>