Published On: Wed, Mar 15th, 2017

2017, Pemkot Peroleh DAK Fisik Rp 50,8 Milyar

Share This
Tags

Pemkot Ambon memastikan di tahun ini Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima dari pemerintah pusat hanya sebesar Rp 50,8 milyar atau turun 50 persen dari tahun sebelumnya.

Kebijakan pemerintah pusat di tahun ini dengan melakukan pengurangan anggaran di semua sektor yang bersumber dari APBN.

“Ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dengan menggunakan DAK ini yakni program fisik dan non fisik,” ungkap Kabag Pengelola Keuangan Kota Ambon, Robby Silooy kepada Siwalima di Balai Kota, Selasa (14/3).

Untuk program fisik, kata Silooy, pemkot diberikan anggaran sebesar Rp. 50,8 milyar sedangkan untuk pembangunan non fisik hanya diperoleh Rp124 juta. DAK fisik itu terdiri dari DAK regular dengan total anggaran Rp 25 milyar (pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, sentra UKM dan pariwisata) sedangkan DAK penugasan Rp 22,5 milyar (sanitasi, jalan dan pasar) sementara untuk DAK afirmasi tidak ada.

Sedangkan untuk DAK non fisik dengan total anggaranya hanya Rp 124 juta lebih tersebut diperuntukan bagi kegiatan pendidikan.  Untuk non fisik ini diberikan untuk tunjangan sertifikasi guru, bantuan operasional kesehatan dan KB, dana administrasi kependudukan, tunjangan guru PNSD serta tambahan penghasilan guru PNSD. Sebagian dana ini sudah jalan di tahun 2017 untuk proses pekerjaan fisik dan non fisik.

“Anggaran sudah ada dan proses pekerjaan untuk fisik sudah mulai dilaksanakan termasuk dengan yang non fisik,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan anggaran yang ada ini dapat dimaksimalkan oleh aparatur pengelola agar sesuai dengan perencanaan dan penganggarannya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM