Published On: Wed, Nov 22nd, 2017

3 Negara Lirik Pelabuhan Kontainer Tulehu-Waai

Share This
Tags

Uni Emirat Arab, Jepang dan Belanda tertarik menggarap pelabuhan kontainer di Desa Tulehu-Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

“Tiga negara ini ingin membangun pelabuhan tersebut,” ungkap Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelindo IV, Farid Padang di sela-sela acara syukuran kedatangan conteiner crane di Pelabuhan Yos Soedarso, Ambon, Selasa (21/11).

Hanya saja, perusahaan “pelat merah” itu belum memutuskan negara mana yang bakal ditunjuk untuk menggarap pelabuhan peti kemas  di Tulehu dan Waai itu.  Menurut dia, siapa yang paling cepat, negara itulah yang bakal mendapatkan kesempatan mengerjakan proyek dimaksud dengan memperhatikan segala aspek.

“Mana yang punya waktu tercepat, kajiannya yang fleksibel, maka salah satu negara itu yang akan kami pilih. Istilahnya kami akan lakukan road show atau uji minat terhadap negara-negara yang berminat. Prioritasnya bagi hasil dengan daerah dan kita, maka dia akan berinvestasi,” jelasnya.

Pelabuhan konteiner Tulehu-Waai merupakan satu dari 11 proyek prioritas nasional di Maluku. Pelindo IV menargetkan pembuatan Detail Enginering Desaign (DED) pelabuhan kontainer Tulehu-Waai dimulai tahun 2018.

Jika masalah pendanaan pembangunan pelabuhan kontainer Tulehu-Waai rampung akan segera diteken perjanjian antara Pelindo, pemerintah daerah dan investor. “Pelabuhan Tulehu-Waai jika pendanaannya sudah clear, kami akan segera buat perjanjian antara tiga pihak, Pelindo, pemerintah daerah dan investor,” jelas Farid.

Pelindo kata dia, masih menunggu, hasil kajian dari tiga negara yang ingin membangun pelabuhan tersebut. “Kita akan lihat dari tiga negara itu mana yang punya waktu tercepat, juga kajiannya akan kita lihat,” jelasnya. Farid menegaskan, tahun depan ditargetkan DED untuk pembangunan Pelabuhan Tulehu-Waai sudah harus dibuat. (kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>