Published On: Tue, Nov 11th, 2014

9 Topik Riset Unggulan Universitas Darussalam Ambon

Share This
Tags

cjkiykeyfybbzozb1jkyPusat Penelitian (PUSLIT) Universitas Darussalam Ambon memberikan respon positif terhadap pemisahan Dirjen Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bergabung ke Kementerian Riset-Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kami melihatnya sebagai suatu sinyal baru, dimana segala bentuk riset rupanya akan berada dibawah satu kendali Kementerian. Dengan demikian maka penyelenggaraan penelitian akan lebih terfokus pada aspek yang menjadi tuntutan penting dan segera dalam memecahkan problema pembangunan di masyarakat.

Institusi Universitas Darussalam Ambon melalui Pusat Penelitian akan merumuskan 9 topik pokok yang menjadi unggulan riset Unidar masa kini dan ke depan, yaitu 1). Penanggulangan kemiskinan daerah, 2). Pertanian dan Kehutanan wilayah kepulauan pulau-pulau kecil, 3). Pengembangan teknologi tepat guna, 5). Perikanan pesisir, PP. kecil, dan kelautan, 6). Pengembangan hukum adat dan kesatuan bangsa, 7). Pengembangan adminstrasi pemerintahan daerah yang bermutu, 8). Pengembangan pendidikan daerah, dan 9. Pengelolaan lingkungan hidup daerah.

Topik-topik riset ini memeiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan tema seminar nasional yang digelar sabtu, 8 November beberapa hari yang lalu, yakni Penguatan Pembangunan Berbasis Riset Multidisplin Perguruan Tinggi. Dengan keterpaduan institusi riset di tingkat pusat dalam susunan kabinet Jokowi-JK, maka formula riset di daerah juga akan diselaraskan melalui riset secara terpadu, bukan hanya dari sisi keilmuan yang dikaji tetapi juga dari sisi keterpaduan institusi dalam melakukan riset bersama.

Keterpaduan ini bukan hanya dari sisi kelembagaan, tetapi juga keterpaduan personal penelitinya, yang juga memiliki makna kebersamaan dalam ikut memecahkan permasalahan pembangunan dalam bingkai Negara Kesatuan RI (NKRI) sebagai wujud implementasi salah satu pilar Kebangsaan. (malukunews)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>