Published On: Tue, Nov 17th, 2015

Akibat Teror di Paris, Negara-negara Bagian di AS Tolak Pengungsi Suriah

Share This
Tags

1518571tricolor261447572456-preview780x390Belasan negara bagian Amerika Serikat (AS) menolak pengungsi dari Suriah. Mereka tidak lagi menerima pengungsi Suriah karena khawatir terhadap situasi keamanan setelah serangan di Paris.

Gubernur Michigan Rick Snyder mengungkapkan, ia menangguhkan penerimaan pendatang baru hingga adanya evaluasi lebih lanjut.

Alabama, Texas, dan beberapa negara bagian lainnya mengeluarkan pernyataan serupa. Namun, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, legalitas tindakan ini masih belum jelas.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama mendesak AS untuk meningkatkan dan turut berperan serta dalam membantu orang-orang yang melarikan diri dari perang saudara.

“Menolak mereka adalah pengkhianatan terhadap nilai-nilai yang kita anut,” katanya.

“Negara kami dapat menyambut pengungsi yang putus asa dalam mencari keselamatan dan menjamin keamanan kita sendiri. Kita bisa dan harus melakukan keduanya,” ujar Obama.

Keputusan para gubernur terjadi setelah serangan di Paris, Jumat (13/11/2015) malam, yang menewaskan 129 orang.

Berikut negara-negara bagian yang memberlakukan penolakan:

1. Alabama
2. Arizona
3. Arkansas
4. Florida
5. Georgia
6. Illinois
7. Indiana
8. Iowa
9. Louisiana
10. Massachusetts
11. Michigan
12. Mississippi
13. New Hampshire
14. Carolina Utara
15. Ohio
16. Texas
17. Wisconsin

Tujuh pelaku tewas dalam rangkaian serangan di Paris, dan salah satunya diduga warga negara Suriah yang memasuki Eropa melalui Yunani dengan rombongan migran.

Video baru yang dirilis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS mengklaim pelaku serangkaian serangan di Paris, dan mengancam akan melakukan aksi serupa di Washington DC.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>