Published On: Mon, Mar 13th, 2017

Aktifkan MES Maluku OJK Gandeng Tokoh Agama,Akademis dan Pengusaha.

Share This
Tags

Masyarakat Ekonomi Syariah merupakan wadah dari asosiasi,lembaga pendidikan,lembaga profesi,badan usaha maupun perorangan yang konsen atau punya kepedulian terhadap ekonomi syariah yang di harapkan ada di seluruh Indonesia.

Hal ini di tegaskan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Maluku Bambang Hermanto ketika di wawancarai N25NEWS.COM setelah  selesai pertemuan dengan tokoh-tokoh agama,para akademis dan pengusaha di Kantor MUI Maluku Sabtu,(11/03/207).

Pertemuan itu sendiri kata bambang,merupakan persiapan Musyawara Wilayah MES Maluku yang sekaligus pembentukan dewan pengurus baru.

“Kebetulan di Maluku Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sudah ada dari tahun  2009 namun  fakum sejak tahun 2012,sehingga saya di tunjuk sebagai ketua sementara untuk menghidupkannya kembali sehingga hari ini kita adakan pertemuan ini,”tegas Bambang.

Hal ini kata Bambang di dasarkan pada  rapat kerja nasional MES di Jakarta,yang memutuskan MES yang ada di dua daerah  harus refitualisasi di antaranya Maluku.

Langkah pertamanya adalah melakukan koordinasi dengan pengurus lama,tokoh-tokoh agama,para akademisi dan pengusaha untuk menghidupkan kembali MES.

 

“Dengannya MES ini akan ada percepatan untuk penerapan sistim ekonomi syariah dan etika bisnis yang di lakukan secara syariah,”katanya

Lanjut Bambang semua ini bisa berjalan dengan baik tentunya harus dapat dukungan dari stekholder baik itu  pemerintah,otoritas atau regulator dan industri serta masyarakat.

Berdasarkan hasil survai sendiri kata bambang,ternyata literasi keuangan atau tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk jasa keuangan syariah itu sangat rendah di Maluku.

“kita punya  pekerjaan rumah  yang cukup besar di provinsi Maluku ini untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat khususnya terhadap industri keuangan syariah,”tandas ketua OJK Maluku ini.

Apa yang harus di lakukan saat ini kata bambang harus mengedukasi masyarakat secara kontinyu  tentang Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES terutama pada sekolah-sekolah Islam.

“Sekarang ini di Maluku sudah ada  dua  bank syariah tapi nanti kedepan akan masuk satu lagi Bank syariah baru,”ujar Bambang.

Maluku sendiri kata bambang nanti tanggal 1 April 2017 di adakan musyawarah wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah dan pembentukan pengurus baru sehingga dapat bekerja secara optimal melakukan edukasi kepada masyarakat.(N02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>