Published On: Wed, Mar 22nd, 2017

Alasan Pemprov Maluku Pindahkan Makam AJ Patty dari Bandung ke Ambon

Share This
Tags

Proses cukup panjang dari Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat Maluku untuk memindahkan makam Alexander Jacob Patty dari Taman Makam Umum Kristen Pandu Kota Bandung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Maluku.

Menurut Kadinsos Provinsi Maluku, Sartono, pemindahan makam tersebut merupakan permintaan dari masyarakat Maluku.

“Ini keinginan masyarakat Maluku yang sudah terlalu lama mau kita lakukan. Proses komunikasinya satu tahun lalu. Persatuan masyarakat Maluku yang ada di Bandung, Jawa Barat menyampaikan secara resmi ke Gubernur. Ada beberapa tahapan yang kami lakukan,” ujar Sartono, di Tempat Pemakaman Umum Kristen Pandu, Jalan Padjadjaran, Rabu (22/3/2017).

Proses komunikasi dilakukan sejak 2016 lalu, menurut Sartono, proses pemindahan makam Alexander Jacob Patty ini tidak mudah dan cukup panjang.

“Ada tahapan pendekatan secara persuasi baik dengan ahli waris dengan keluarga besar Patty, masyarakat Maluku baik yang ada di Ambon, itu semua kita lakukan. Tentunya didukung pemerintah, TNI Kodam 16 Patimura, Pemprov Jabar, Pemkot Bandung, maupun Kodam III Siliwangi, TNI AU,” terangnya.

Alasan pemindahan tersebut, lanjut Sartono, didasari dari semangat melakukan sesuatu yang baik untu membangun semangat dan menerapkan nilai-nilai baik dari almarhum.

“Paling tidak menempatkan tempat yang layak di daerah asal almarhum, bermaksud untuk menjadikan almarhum sebagai tokoh, orang tua, pejuang yang memilik semangat patrotisme untuk kepentingan negara,” bebernya.

Tulang AJ Patty dibawa ke Maluku via Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, besok tulang akan dimakamkan di di TMP Sirimau Ambon. (detik)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM