Published On: Mon, Nov 24th, 2014

Amankan Pesan Pempus Bakorlu Maluku Koordinasi Dengan BPP Kecamatan

Share This
Tags

KairatuKepala Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorlu) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Maluku Jery Uweubun, SE didampingi Kabid SDM dan Ketenagaan DR. Ir. Erawan Asikin, M.Si dan beberapa staf, Sabtu (22/11/2014) mengunjungi Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kairatu dan BPP Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Kedatangan Kepala Bakorlu itu disambut baik oleh para Penyuluh yang ada di dua kecamatan tersebut.

Kepala Bakorlu Maluku awalnya melakukan pertemuan dengan para penyuluh baik PNS maupun Tenaga Harian Lepas (THL) di Kantor BPP Kacamatan Kairatu.

Dalam pertemuan itu Uweubun menyampaikan pesan-pesan Pemerintah Pusat yaitu kerja, kerja dan kerja dan pesan ini harus bisa diikuti oleh para penyuluh di kecamatan ini.

Pertemuan tersebut dilaksankan sederhana saja, karena gedung BPP yang baru dibangun oleh Pemda SBB itu belum dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung seperti meja kursi, komputer/leptop dan listrik.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kairatu Abdan Lanjahe melaporkan, jumlah tenaga penyuluh 13 orang terdiri dari PNS 8 orang dan Tenaga Harian Lepas (THL) 5 orang.

Masalah yang dihadapi adalah: sarana transportasi seperti sepeda motor dan tidak ada dana sebagai perangsang untuk mengumpulkan para petani, sehingga sulit untuk melaksanakan program dengan baik,”ucap Har salah satu penyuluh.

Menanggapai keluhan itu, Kepala Bakorlu Maluku berharap kepada para penyuluh untuk harus bergerak cepat, selalu pro aktif ke bawah, sehingga semua informasi bisa sampai ke petani dengan baik.

Selain itu Koordinator BPP Kecamatan Kairatu harus bisa membangun kerja sama dengan Bappeda  dan Pemda SBB, untuk memperjuangkan kebutuhan pertanian di daerah ini.

BPP Kecamatan menjadi simpul dan sebagai level terbawah harus peka dengan semua permasalahan pertanian, kehutanan dan perikanan, karena tahun 2015 nanti data dari penyuluh sudah bisa terkonek langsung dengan pusat.

Hubungan koordinasi dan komunikasi antara BPP Kecamatan Kairatu dengan Bakorlu Maluku jangan terputus, dan harus terbangun  terus  agar masalah yang terjadi di desa  dapat terpantau oleh Bakorlu Maluku, walaupun BPP berada dibawah SKPD kabupaten.(Tribnmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>