Published On: Thu, Oct 27th, 2016

Anggota DPRD Kota Ikut Workshop Responsif Gender

dprd_1_okYayasan Arikamahina yang bekerja sama dengan DPRD Kota Ambon, Kamis (27/6) menggelar Workshop Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Workshop yang digelar diruang sidang utama belakang Soya itu, diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kota, dengan narasumber dari Perwakilan Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA) Jakarta Misbah Hasan.

Direktur Yayasan Arika Mahina, Ina Soselisa mengatakan, Anggaran Responsif Gender (ARG)  merupakan anggaran yang responsif terhadap kebutuhan dan memberi manfaat bagi perempuan dan laki-laki.

Strategis untuk mengintegrasikan isu kesetaraan dan keadilan gender,  menterjemahkan komitmen untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Anggaran juga, kata dia, sebagai alat perangkat kerja analisa proses dan politik dengan prespektif gender yang menilai dampak belanja pemerintah dalam mengatasi kesenjangan dan realokasi anggaran.

Dikatakan,  dalam PPRG ada beberapa faktor yang perlu dikembangkan dalam perencanaan yang responsif gender. Untuk aset,  perlu adanya perencanaan pembangunan sudah mempertimbangkan akses yang bagi perempuan dan laki-laki.

“Kalau dilihat dari sisi manfaatnya sangat bermanfaat bagi kehidupan perempuan dan laki-laki,  sehingga penggunaan anggaran bisa tertuju kepada kebutuhan masyarakat yang benar-benar membutuhkannya,”katanya.

Menurutnya,  fungsi anggaran adalah kewenangan DPRD menyetujui atau menolak dan menetapkan RAPBD menjadi APBD,  melalui proses pembahasan anggaran yang biasa dikenal dengan rancangan APBD yang diajukan oleh kepada daerah.

Disisi lain,  lanjut dia, kepentingan strategis untuk mengintegrasikan isu kemiskinan,  dan responsif gender dalam seluruh kebijakan perencanaan pembangunan kota Ambon melalui rumusan dokumen perencanaan.  (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>