Published On: Mon, Mar 6th, 2017

Australia-RI Perkuat Pencegahan Terorisme dan Ekstremisme

Share This
Tags

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mendukung penguatan kerja sama di bidang pencegahan aksi terorisme dan ekstremisme yang tumbuh di kawasan Samudera Hindia.

 

Penguatan kerja sama diadopsi sebagai salah satu poin di dalam “Jakarta Concord” yang dihasilkan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA).

“Kami sangat senang untuk mendukung adopsi deklarasi negara-negara IORA dalam melawan dan mencegah aksi terorisme dan ekstremisme,” kata Bishop usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Senin (6/3/2017).

Bishop memuji keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan KTT IORA kali ini. Menurut dia, semangat Indonesia untuk memperkuat fungsi dan peranan negara anggota IORA di kawasan cukup kuat.

“IORA di bawah kepemimpinan Indonesia saat ini telah mencapai tingkat kedewasaan yang baru. Kami dapat membahas isu-isu sensitif yang bersifat regional dan global secara signifikan,” kata dia.

KTT IORA, menurut Bishop, juga menghasilkan sejumlah rencana aksi bersifat praktis yang dapat dieksekusi 21 negara anggotanya.

Beberapa di antaranya yaitu di sektor maritim, keamanan, manajemen perikanan, manajemen risiko bencana alam, perdagangan dan investasi, akademik dan teknologi, serta pariwisata dan konflik.

“Ditambah dua isu lintas yang menjadi agenda IORA, yaitu blue economy, bagaimana kita menggunakan laut sebagai alat pertahanan ekonomi, serta pemberdayaan perempuan dalam ekonomi,” ujarnya.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>