Published On: Thu, May 25th, 2017

Awal Kerja Fatlolon-Utuwaly ‘Geber’ Perbaikan Birokrasi: Jabatan Harus Sesuai Keahlian

Share This
Tags

USAI dilantik dan dikukuhkan sebagai Kepala Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Bupati Petrus Fatlolon membeberkan rencana program kerja awal selama 100 hari. Program itu menjadi agenda utama pemerintah Fatlolon-Utuwali bersama jajaran SKPD, usai dilantik oleh Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, Senin 22 Mei 2017, di Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Saat diwawancarai Bupati yang akrab disapa Piet ini mengaku, salah satu agenda dalam program 100 hari kerja kedepan adalah pembenahan sistim birokrasi pemerintahan.

 

Menurutnya, sistim birokrasi sebagaimana yang telah diletakan oleh mantan bupati, Bitsael S. Temmar sudah sangat baik dan untuk itu, sebagai kepala daerah yang baru, dirinya patut berterimakasih dan mengapresiasi kinerja dan upaya mantan orang nomor satu MTB tersebut.

Rencana prioritas pembenahan sistim birokrasi tersebut menurutnya perlu untuk ditata kembali karena terdapat beberapa alasan, yakni salah satunya pada pesta demokrasi yang telah dilalui kemarin, secara pribadi terdapat kepala dinas, kepala badan yang ikut serta dalam proses sana-sini dalam pilkada.

Yang kedua adalah kebutuhan kerja dari masing-masing SKPD harus disesuaikan dengan skil, latar belakang/backround dari setiap kepala dinas atau eselon II, eselon III, eselon IV yang akan ditempatkan dalam jabatan tertentu.

“Misalkan kalau ada seseorang yang pandai buat pesawat terbang, maka kita harus berikan jabatan sebagai enginering pesawat. Kalau ada yang punya keahlian dibidang pertanian, maka kita harus kasih ke Dinas Pertanian, dan sebagainya. Jika kita berikan tempat yang bukan merupakan skil dia, maka nantinya tidak akan nyambung. Jadi kira-kira itulah yang dimaksudkan dengan penataan kembali sistim birokrasi,” ujar Fatlolon. (kilasmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM