Published On: Mon, Nov 30th, 2015

Balai Diklat Maluku Godok Diklat Gugus Pulau

Share This
Tags

peta-malukuBalai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Provinsi Maluku kini tengah menggodok program pendidikan dan latihan gugus pulau yang nantinya akan menjadi ciri khas diklat di Maluku dan dapat digunakan di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Diklat Provinsi Maluku, Suryadi Sabirin di Ambon, Jumat (26/11) menjelaskan program pendidikan dan latihan berbasis gugus pulau ini merupakan sebuah program baru di Indonesia yang dilakukan oleh provinsi Maluku.

“Dalam menggodok diklat berbasis gugus pulau ini, Balai   Maluku melakukan kerja sama dengan Universitas Pattimura, Bappeda Provinsi Maluku dan Bappenas serta beberapa pihak lainnya,” ujar Sabirin.

Balai Diklat Provinsi Maluku, tambahnya, selama ini mendatangkan sebagian tenaga pengajar atau widya suara dari luar Maluku. Namun nantinya dengan pendidikan dan latihan berbasis gugus pulau ini, maka tenaga widya suara semuanya berasal dari Maluku.

Oleh karena itu, pihaknya telah mendapat lampu hijau dari pemerintah Provinsi Maluku, untuk segera mendaftarkan program diklat berbasis gugus pulau ini agar menjadi program yang murni berasal dari Maluku.

“Dengan didaftarkannya program pendidikan dan latihan berbasis gugus pulau ini, maka progran tersebut akan mendapat hak paten dari kementerian Hukum dan HAM sebagai program yang diciptakan oleh pemerintah Provinsi Maluku, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemerintahan Balai pendidikan dan latihan Maluku, Andre.B.Jamlaay kepada wartawan mengatakan Balai Pendidikan dan latihan provinsi Maluku telah selesai menggodok kurikulum pendidikan dan latihan berbasis gugus pulau.

“Setelah menyelesaikan penyusunan kurikulum program pendidikan dan latihan berbasis gugus pulau, sekarang ini kami tengah menggodok modul yang akan dipakai dalam pendidikan dan latihan berbasis gugus pulau ini. Nantinya setelah modul tersebut selesai maka akan langsung kami daftarkan untuk mendapat hak paten,” tandas Jamlaay.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>