Published On: Sun, Apr 10th, 2016

Barca Tumbang di Markas Sociedad

Share This
Tags

f5824785-7db5-4db5-9f7d-0af6f5e81df3_43Barcelona menderita dua kekalahan beruntun di La Liga. Bertandang ke markas Real Sociedad, Barca dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1.

Di Estadio Anoeta, Minggu (10/4/2016), Mikel Oyarzabal menjadi pahlawan tim tuan rumah. Pesepakbola berusia 18 tahun ini mencetak gol cepat di awal pertandingan yang menentukan kemenangan Sociedad.

Meski mendominasi permainan, Barca tidak mampu menciptakan gol balasan. Menurut statistik ESPNFC, Blaugrana menguasai 73 persen bola berbanding 27 persen milik Sociedad.

Pasukan Catalan ini tercatat menciptakan 13 percobaan dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Sociedad cuma bisa melahirkan lima percobaan dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Hasil menandai bahwa Barca belum dapat bangkit usai kekalahan di El Clasico sepekan lalu. Kekalahan tersebut sekaligus membuat perburuan gelar La Liga tetap terbuka.

Barca masih di puncak klasemen sementara dengan 76 poin, tapi hanya unggul tiga angka dari Atletico Madrid di bawahnya dan empat poin dari Real Madrid di urutan ketiga. Sociedad naik ke peringkat kesembilan dengan 41 poin.

Jalannya Pertandingan

Baru lima menit pertandingan berjalan, gawang Barca sudah kebobolan. Sociedad memimpin 1-0 setelah umpan silang Xabi Prieto dituntaskan Mikel Oyarzabal dengan sundulan ke sudut atas yang tidak mampu dijangkau Claudio Bravo.

Di menit ketujuh, ball clearance Sociedad yang kurang sempurna jatuh di jalur Messi. Tapi sepakan kaki kanannya melambung tinggi.

Messi menciptakan peluang lagi di menit 34. Umpan Messi kepada Neymar diteruskan Arda Turan dengan sontekan dari depan gawang, tapi mengenai Diego Reyes sebelum ditepis Geronimo Rulli.

Serangan balik Sociedad yang berbahaya menjelang turun minum. Alberto De la Bella menusuk dari sisi kiri untuk mendapatkan posisi bebas tapi dia terlalu lama memegang bola sehingga kehilangan momentum dan sepakannya bisa diblok.

Masuknya Andres Iniesta menambah daya gedor Barca. Di menit ke-55, Iniesta mengancam setelah tendangan kaki kirinya dari luar kotak diselamatkan susah payah oleh Rulli.

Sebelas menit kemudian, usaha Barca kembali gagal membuahkan hasil. Tendangan bebas Neymar menyentuh jari-jari tangan kanan Rulli sebelum bersarang di sisi luar jaring gawang Sociedad.

Di menit ke-73, Rulli mematahkan upaya Messi. Umpan Gerard Pique kepada Messi diteruskan dengan sontekan dari jarak dekat tapi Rulli dengan sigap menepis bola.

Barca terus melakukan tekanan untuk menyamakan skor. Di menit 86, Messi menyambut umpan silang Dani Alves dengan sundulan keras dari dalam kotak tapi bisa ditangkap Rulli.

Rulli kembali melakukan penyelamatan krusial. Di masa injury time, dia menggagalkan sepakan Iniesta untuk menjaga keunggulan Sociedad 1-0 atas Barcelona sampai pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

REAL SOCIEDAD: Rulli, Mikel Gonzalez, De La Bella, Reyes, Elustondo (Zaldua 76′) , Xabi Prieto, Granero, Illarramendi, Zurutuza (Ruben Pardo 80′), Mikel Oyarzabal (Hector 88′), Vela

BARCELONA: Bravo, Dani Alves, Pique, Mascherano, Turan (Alba 58′), Busquets, Sergi Roberto (Rakitic 73′), Rafinha (Iniesta 46′), Messi, Neymar, Munir

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku