Published On: Sat, Jul 23rd, 2016

Baru Tiga Penuhi Syarat Pencalonan Pilkada

426fef2ee74c3f769e1528455cc8a6a1_XLDari sejumlah bakal calon kepala daerah di lima kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak Februari 2017, baru tiga pasangan memenuhi syarat pencalonan.

Mereka dipastikan maju Pilkada melalui jalur partai politik. Sementara, sejumlah calon lainya, baru mengantongi sejumlah rekomendasi parpol dan butuh tambahan kursi.

Mereka yang telah memenuhi syarat pencalonan 20 persen kursi di DPRD setempat, yakni Balon Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Balon Bupati Buru Ramli Umasugy, dan Balon Bupati Seram Bagian Barat Yasin Payapo.

Richard  telah mengantongi rekomendasi Golkar dan NasDem. Golkar memiliki 4 dan NasDem 3 kursi di DPRD Kota Ambon. Ramly mengantongi rekomendasi Golkar yang memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Buru. Sementara Payapo yang berpasangan dengan Jus Akerina telah mengantongi rekomendasi Hanura dan NasDem. Hanura dan NasDem masing-masing memiliki tiga kursi di DPRD SBB.

Untuk pasangan lain, Balon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Poli Kastanya-Sam Latuconsina baru mengantongi rekomendasi Hanura dan PKPI. Hanura memiliki 3 kursi dan PKPI memiliki 2 kursi di DPRD Kota Ambon. Pasangan yang diakronim PANTAS ini masih butuh 2 kursi lagi untuk memenuhi syarat.

Di Kabupaten Maluku Tengah, pasangan petahana, Tuasikal Abua-Marlatu Leleury baru mengantongi rekomendasi NasDem dan PKPI. NasDem memiliki 3 kursi dan PKPI memiliki 4 di DPRD Malteng. Pasangan disapa TULUS ini masih membutuhkan 2 kursi untuk memenuhi 20 persen kursi di parlemen.

Sementara di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, pasangan Petrus Fatlolon-Agus Utuwaly baru mengantongi rekomendasi Hanura 1 kursi dan PKPI 2 kursi. Pasangan ini butuh tambahan 2 kursi untuk penuhi syarat pencalonan.

Terkait syarat pencalonan, Balon Wawali Ambon, MAS Latuconsina mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk memenuhi syarat pencalonan. Dia mengklaim sejumlah Parpol bakal merapat untuk mengusung dirinya dengan Poli Kastanya.

Wakil Wali Kota Ambon yang akrab disapa Sam ini mengaku, PANTAS telah mengantongi rekomendasi Hanura dan PKPI. ’’Sudah pasti ada sejumlah Parpol bakal merapat mengusung kami. Kami pasti penuhi syarat pencalonan,’’ kata Sam, tadi malam.

Salah satunya, Partai Gerindra. Sesuai informasi, rekomendasi Gerindra hampir pasti dikantongi PANTAS. ’’Intinya, 99 persen Gerindra ke PANTAS. Bentuk rekomendasi paling lambat minggu depan sudah keluar,’’ jelasnya.

Sementara Demokrat, lanjut dia, sementara menunggu proses di DPP Partai Demokrat untuk dikeluarkan rekomendasi. ’’Begitu juga dengan  PAN sementara proses. Kalau PDIP kita sudah ikut mekanisme. Kita serahkan ke DPP PDIP memutuskan. Kita memang belum dipanggil. Jadi saya belum bisa berkomentar,’’ ungkap Sam.

Selain itu, lanjutnya, dirinya bersama Poly juga telah mengikuti fit and proper test di DPP PPP. ’’Seluruh pentahapan dan mekanisme di PPP sudah kami ikuti. Kami menunggu putusan akhir di PPP. Tentu kami juga optimis diusung,’’ jelasnya. (Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>