Published On: Mon, Apr 4th, 2016

Batal ke Saumlaki? Presiden Jokowi Hanya ke Ambon?

Share This
Tags

pelabuhan-saumlaki-fanny-imapullyimnanaKunjungan Presiden Joko Widodo ke Maluku sempat menjadi kontroversi. Sepanjang hari Minggu (3/4/2016) kemarin, kabar yang berkembang, tidak ada agenda Presiden Jokowi ke Kota Ambon. Yang ada hanya ke Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Kunjungan ke MTB dalam rangka peresmian sejumlah pelabuhan yakni Pelabuhan Tutu Kembong, Saumlaki, Pelabuhan Wonreli dan Pelabuhan Pulau Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Pelabuhan-pelabuhan tersebut merupakan bagian dari program Tol Laut yang diusung pemerintahan Presiden Jokowi.

Pembangunan pelabuhan tersebut berada dalam kewenangan Kementerian Perhubungan, makanya Menteri Perhubungan telah membuat agenda perjalanan ke Saumlaki untuk menyambut kehadiran Presiden.

Rencana kehadiran Presiden Jokowi ke Saumlaki bahkan telah implementasikan dengan keberangkatan tim advance pasukan pengaman presiden (Paspamres) pada Minggu pagi (3/4/2016) ke Saumlaki. (baca: Saumlaki Berbenah Sambut Presiden Jokowi)

Bandara Karel Sadsuitubun IBRA, Maluku Tenggara juga sudah disiapkan untuk pendaratan Presiden sebelum melanjutkan kunjungannya ke Saumlaki dengan Pesawat VVIP lainya.

Namun, Minggu sore, beredar kabar Presiden Jokowi akan meresmikan Jembatan Merah Putih (JMP) Galala – Poka di Ambon. Kabar tersebut tidak terkonfirmasi oleh satupun menteri atau pejabat di Istana Presiden.

Proyek JMP Galala – Poka berada di bawah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Konfirmasi kedatangan Presiden ke Ambon, kemudian dirilis Kabag Humas pemprov Maluku, Bobby Palapia, Minggu malam (3/4/2016).

“Saya baru ditelepon pak Gubernur, Said Assagaff yang mengabarkan bahwa rencana kunjungan Presiden ke Saumlaki, ternyata dialihkan ke Kota Ambon. Presiden akan tiba di Ambon pada Senin petang (4/4/2016),” katanya dirilis Antara.

Menurut Palapia, kemungkinan karena padatnya jadwal kunjungan Presiden ke Maluku Utara, Papua Barat dan Maluku, hingga 6 April mendatang, sehingga jadwal ke Saumlaki dibatalkan.

Bobby menambahkan, bahwa selama di Kota Ambon Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja, akan meresmikan pengoperasian JMP Galala – Poka yang membentang di atas Teluk Ambon.

“Kemungkinan setelah meresmikan JMP Presiden dan rombongan akan melanjutkan kunjungan dengan pesawat kepresidenan menuju Papua Barat,” ujar Bobby.(satumaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>