Published On: Thu, Nov 6th, 2014

Bau Korupsi Retribusi Parkir Dishub Diusut Jaksa

Share This
Tags

Kejari Ambon tengah mengusut dugaan korupsi pengelolaan dana retribusi parkir di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon tahun 2013-2014 bernilai ratusan juta.

Diduga dana retribusi mengalir ke kantong oknum-oknum di Dishub, dan tak disetor ke kas benda­hara dinas.

Bau korupsi di Dishub yang kala itu dipimpin oleh Anggronoto Ura itu, dila­por­kan salah satu LSM kepada Kejari Ambon pada perte­ngahan Oktober 2014 lalu.

“Sudah dua minggu yang lalu, kasus ini dilaporkan oleh LSM ke Kejari Ambon dan berdasarkan laporan tersebut maka kami melakukan pull data dan pull baket kemudian dilanjutkan dengan proses penyelidikan yang sampai saat ini masih terus berlang­sung,” jelas Kasi Pidsus Kejari Ambon, Marvie de Queljoe, kepadaSiwalima, di Kantor Kejari Ambon, Rabu (5/11).

Dikatakan, sebanyak 15 orang telah diperiksa diantara­nya para pengelola parkir dan mantan Kepala Dishub Kota Ambon, Anggronoto Ura.

“Kita sudah panggil 15 orang untuk dimintai ketera­ngannya, diantaranya para pengelola parkir dan mantan Kadishub Kota Ambon,” ujarnya.

Selanjutnya, hari ini penyi­dik mengagendakan untuk memeriksa Kepala UPTD Parkir Kota Ambon, Harman Sahupala.

“Surat panggilan sudah kita layangkan untuk meme­riksa Kepala UPTD Parkir besok (hari ini-red),” ungkap Marvie.

Ia enggan berkomentar lebih jauh soal penanganan kasus ini dengan alasan masih ditingkat penyelidikan.

Untuk diketahui, dugaan penyelewenangan dana retribusi parkir di Kota Ambon sebelumnya telah diaudit oleh Inspektorat, dan ditemukan dana yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kepada pemerintah daerah Rp. 400 juta lebih. (S5)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>