Published On: Wed, Dec 6th, 2017

Bawaslu akan Sidangkan Gugatan HEBAT

Share This
Tags

Bawaslu Provinsi Maluku akan menggelar sidang gugatan yang diajukan oleh tim hukum bakal pasangan calon perseorangan, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath.

Hal ini dipastikan setelah Bawaslu Maluku resmi menerima dan meregistrasi permohonan gugatan yang diserahkan oleh tim hukum pasangan dengan akronim HEBAT itu, Selasa (5/12).

Ketua Tim Hukum HEBAT, Vendhy Toumahuw menjelaskan, pihaknya telah melengkapi seluruh kekurangan pada berkas permohonan gugatan ke Bawaslu Maluku.

Yang mana pokok penting dalam permohonan itu ialah perhitungan KPU Maluku terkait perhitungan manual syarat minimal dukungan yang diserahkan oleh HEBAT pada 26 November lalu.

“Setelah melengkapi seluruh kekurangan sebagaimana diminta oleh Bawaslu, maka kita sudah kembalikan lagi dan oleh Bawaslu dinyatakan bahwa berkas permohonan kita sudah lengkap,” jelas Toumahuw kepada Siwalima, Selasa (5/12).

Tidak hanya itu, Bawaslu juga telah meregistrasi permohonan tim HEBAT dengan nomor registrasi 001/PS/BWSL.MALUKU.31.00/XII/2017 tertanggal 5 Desember 2017 yang ditandatangani oleh petugas registrasi Janet Jill Parera dan disaksikan oleh Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely.

“Permohonan kita sudah diregistrasi dan sudah ada tanda terima dari Bawaslu Maluku. Dan pada prinsipnya proses permohonan ini telah diajukan sesuai mekanisme yang berlaku,” katanya.

Menurut Toumahuw, selanjutnya Bawaslu akan menetapkan jadwal sidang. Untuk itu, pihaknya menunggu surat pemberitahuan sidang dari Bawaslu. “Kita percaya Bawaslu pasti akan adil dalam menyidangkan permohonan kami,” ujarnya.

Pasangan HEBAT melaporkan KPU karena diduga ada kesalahan hitungan secara ma­nual syarat dukungan minimal yang diserahkan HEBAT pada Minggu (26/11) malam. Sebab ada ketidaksinkronisasi hasil penghitungan manual dengan data yang dimasukan dalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Di SILON, sesuai dengan B2-KWK itu, 165.10 ribu dukungan, sementara secara fisik yang masuk hitungan hanya 90.203 ribu.

KPU beralasan, setelah meneliti dengan seksama syarat dukungan yang diberikan sebanyak 165.510. Ternyata dukungan yang sah hanya 99.203, dari dukungan minimal yang ditetapkan 122.895. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM