Published On: Fri, Jun 2nd, 2017

Belasan Pasangan Mesum Terjaring Operasi Pekat

Share This
Tags

Sebanyak  17 pasangan mesum Rabu (31/5), terjaring Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) 2017 yang digelar Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Sasaran operasi, sejumlah hotel melati dan penginapan. Disamping membubarkan kerumunan masyarakat yang berpotensi mengganggu kamtibmas.

Razia Pekat sendiri merupakan operasi rutin kepolisian yang dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) untuk mencipatkan situasi dan kondisi aman dan tentram menjelang perayaan Idul Fitri 1438 H.

Belasan pasangan mesum yang berhasil diamankan itu kemudian digiring ke Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease untuk dilakukan pembinaan. Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Sucahyo Hadi kepada wartawan Kamis (1/6) menjelaskan, dalam Operasi Pekat Siwalima 2017  ini, anggota Polres  dibantu dengan Sat Pol PP Kota Ambon dibawah pimpinan Kabag Ops Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Komisaris Polisi Bachri Hehanussa melakukan razia di sejumlah hotel melati dan penginapan serta membubarkan kelompok masa yang berpotensi menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Jadi pada 31 Mei itu, kami dibantu rekan-rekan dari Sat Pol PP menga­dakan Operasi Pekat Siwalima 2017 dengan merazia sejumlah hotel melati dan penginapan yang ada di Kota Ambon. Untuk Polres sendiri sekitar 135 personil kita libatkan didalam operasi ini dan dibantu dengan 30 personil dari rekan-rekan Sat Pol PP,” jelas Kapolres.

Dalam operasi yang di laksanakan Rabu (31/5) sekitar pukul 23.00 WIT ini polisi berhasil menjaring 17 pasa­ngan bukan suami istri di sejumlah penginapan dan Hotel melati di Kota Ambon.

Ke 17 pasangan tersebut saat dira­zia tidak dapat menunjukan KTP yang menyatakan mereka sebagai pasangan suami istri, sehingga polisi langsung melakukan pengamanan. “Dalam razia kita temukan sekitar 17 pasangan mesum di dalam kamar di sejumlah penginapan di Kota Ambon. Petugas yang melakukan razia meminta para pasangan menun­jukan identitas seperti KTP yang menyatakan mereka sebagai suami istri, namun mereka yang terjaring ada yang tidak membawa identitas, ada juga yang statusnya bukan sua­mi istri sehingga anggota kemudian langsung mengamankan ke 17 pa­sangan ini,” ungkap Kapolres.

Selain itu tambahnya, dalam men­jaring pasangan mesum, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah pe­muda yang sementara mengkon­sumsi miras termasuk para waria yang berada di kawasan Amplas juga ikut dijaring. “Setelah merazia penginapan dan hotel melati, kita kemudian melak­sanakan patroli dengan sasaran mem­bubarkan kelompok pemuda yang berpotensi menggangu stabi­litas keamanan. Dan saat patroli itu kita juga mengamankan 12 pemuda yang sementara mengkonsumsi mi­ras di kawasan Mardika. Selanjut­nya kita amankan  9 orang waria yang sementara ber­diri di sekitar ka­wasan amplas,” ungkapnya.

Mereka yang terjaring itu kemudian digiring ke Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease untuk dilakukan pendataan serta pembinaan oleh Satuan Binmas Polres Ambon dan Dinas Sosial. Setelah didata dan diberikan pembinaan mereka selanjutnya dipulangkan. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>