Published On: Wed, Nov 26th, 2014

Bentrok Di Golkar, Maluku Pilih ARB

Share This
Tags

aburizal-bakrieMusyawarah nasional Partai Golkar belum digelar, namun situasi politik di internal beringin kian panas. Bahkan kini mengarah pada aksi anarkis. Aksi anarkis berlangsung sejak, Senin (24/11) malam. Aksi susulan kembali terjadi kemarin sore. Sementara DPD Golkar Maluku, dan 11 DPD II masih tetap solid dukung Aburizal Bakrie atau ARB

Seratusan orang AMPG yang dipimpin oleh Yorrys Raweyai terlibat bentrok dengan massa AMPG yang berjaga di DPP Golkar.  Kericuhan terjadi di kantor DPP Golkar, di sela rapat pleno DPP soal pelaksanaan Munas Bali. Massa AMPG pro Yorrys  memukuli massa AMPG lain pro Aburizal Bakrie hingga lari tunggang langgang keluar dari pagar.

Pantauan di kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli, Jakbar, Selasa (25/11/), keributan terjadi saat sekitar 50-an massa AMPG pro Ical apel di halaman kantor Golkar. Massa pro Yorrys panas karena mereka juga berseragam AMPG. “Bubar!! Bubarr!!,” teriak beberapa massa pro Yorrys yang diikuti lainnya.

Mereka menendang, memukuli untuk membubarkan paksa masa AMPG yang dianggap tandingan itu. Ketakutan, sontak mereka tunggang langgang berlarian mencari jalan keluar. Pria-pria berseragam AMPG pro Ical itu bahkan dikejar hingga pintu keluar.

Lainnya, yang tak sempat melarikan diri dipukuli dengan tangan dan kaki serta benda seadanya seperti helm. Sekitar 3 orang polisi berpakaian preman mencoba menenangkan namun tak dapat berbuat banyak.

Selain memukuli,  massa pro Yorrys meminta AMPG pro Ical melepas seragam. Selain itu, satpam DPP juga jadi sasaran pemukulan. Tampak seorang yang dipukuli dan telah melepas seragam keluar dari pintu pagar yang rusak. Lainnya keluar ke arah belakangan gedung DPP dengan melompat selokan. Setelah massa pro Ical berlarian, situasi mulai kondusif.
Golkar Maluku

Sementara itu, DPD Golkar Provinsi Maluku sampai kemarin masih berkomitmen memberikan dukungan kepada ARB sebagai calon ketua umum Golkar pada Musyawarah Nasional akhir, November ini. Bagi Golkar Maluku, ARB masih layak pimpin beringin.

Wakil Sekretaris DPD Golkar Maluku, Piet Manuputty menandaskan, keputusan bersama memberikan dukungan kepada ARB berdasarkan hasil rapat koordinasi DPD II Golkar kabupaten/kora seluruh Maluku bersama DPD Golkar Maluku awal November lalu. Dan hingga kini, masih tetap pada komitmen awal.

“Golkar Maluku selalu taat dalam barisan untuk mendukung ARB. Itu sudah menjadi harga mati,” tandas Manuputty kepada Ambon Ekspres via seluler, Selasa (25/11), sekaligus membantah tudingan, Golkar Maluku pecah kongsi mendukung ARB.

Manuputty juga yakin, ARB akan terpilih kembali memimpin Golkar. Hal ini dilihat dari mengalirnya dukungan DPD Golkar provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia kepada ARB pasca Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar.

“Melihat peluang pasca Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) kemarin, sepertinya harapan seluruh DPD Provinsi masih menginginkan ARB memimpin DPP Golkar. Sekali lagi dukungan itu secara objektif karena keberhasilannya memimpin partai ini,”katanya.

Meski begitu, dia mengakui, menjelang bahkan sebelum Munas yang direncanakan terlaksana akhir bulan ini, ada kandidat ketum lain yang melakukan pendekatan dengan Golkar Maluku. Namun, baik DPD I maupun DPD II Golkar Maluku, belum mau melepaskan ARB.

“Kalau kandidat ketua umum lain dengan DPD Golkar Maluku, itu pasti ada. Tetapi DPD Golkar Maluku selalu realistis dan rasional memberikan dukungan kepada ARB,”ungkpanya.
Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPD Golkar Kota Ambon, Cornelis Lakatony. Dia membantah, jika ada penolakan dukungan terhadap ARB saat rapat koordinasi bersama seluruh DPD II Golkar kabuaten/kota.

“Jadi intinya kami tetap berpatokan pada hasil rapat bersama antara DPD II se Maluku dengan DPD I Golkar provinsi Maluku 6 November lalu. Hasil rapat, secara resmi kami memberikan dukungan kepada Abu Rizal Bakrie atas pencalonannya sebagai ketua umum  Golkar di Munas,”ujar Lakatony, saat dikonfirmasi koran ini, kemarin.

Disinggung soal kepastian dukungan yang diberikan pasca rapat koordinasi hingga saat ini, Lakatony mengaku tidak mengetahui dengan pasti perkembangannya. Sabab kata dia, politik bisa saja berubah setiap detik.

“Akan tetapi politik ini, kita tidak tahu bagaimana perkembangan dari tanggal 6 November sampai saat ini kondisinya bagaimana kan. Artinya dalam politik ini, semua kemungkinan bisa saja terjadi. Tetapi yang jelas secara resmi, Golkar Kota Ambon sudah memberikan dukungan kepada ARB,”katanya.

Tarkait keikutsertaan Golkar Kota Ambon pada Munas, dia mengatakan, belum ada kepastian. Pasalnya, masih terjadi pertentangan, soal waktu pelaksanaan Munas.”Sampai saat ini, kami menunggu kepastian Munas. Kalau memang dilaksanakan 30 November, maka kemungkinan sekitar tanggal 28 atau 29, kami sudah berangkat ke Jakarta. Tapi itu juga belum pastikan. Karena memang ada polemik di DPP soal jadwal Munas kali ini, seperti yang diberitakan media nasional saat ini,”kuncinya.

Sejauh ini, sekitar empat kandidat calon ketua umum yang dipastikan bertarung. Diantaranya, Priyo Budi Santoso Airlangga Hartanto,  Agung Laksono dan Aburizal Bakrie. Selain itu ada nama-nama lain yang sempat diisukan maju merebut kursi ketua beringin tua, yakni Hajriyanto Y Thohari, Agus Gumiwang, Zainuddin Amali, dan MS Hidayat. (ameks)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>