Published On: Sun, May 11th, 2014

Berkas Korupsi Fekon Unpatti Hampir Rampung

Share This
Tags

fekon_unpattiTim penyidik Kejari Ambon hampir merampungkan pemeriksaan kasus dugaan korupsi dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp 3 miliar di Fakultas Ekonomi (Fekon) Unpatti.

Dalam waktu dekat, kasus tersebut akan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Demikian disampaikan Kasipidsus Kejari Ambon, Marvie de Queljoe kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, pihaknya tinggal merampungkan beberapa kelengkapan berkas sebelum dilimpahkan untuk segera disidangkan. “Dalam waktu dekat, kami sudah akan melimpahkan berkas kasus PNBP Fakultas Ekonomi (Fekon) Unpatti ke pengadilan.

Kami sudah merampungkan berkas-berkasnya. Dan kami dan tim jaksa selalu bekerja keras agar kasus ini segera disidangkan,“ tutur Marvie.
Indikasi adanya skenario di balik masalah ini, kata dia, dapat dilihat dari laporan yang disampaikan ke Kejari Ambon berupa data temuan hasil kerja Tim

Satuan Pengawas Internal Unpatti. Dia menjelaskan, data temuan dari tim satuan pengawas internal yang disampaikan ke Rektor Tommy Pentury dan tembusannya ke inspektorat, bahkan sampai di kejaksaan tanpa melalui proses lebih dulu di tingkat universitas atau fakultas.

“Tim jaksa bekerja cepat dan teliti untuk merumuskan dan merampungkan berkas dugaan korupsi dana PNBP tahun anggaran 2011-2012 melibatkan Dekan Fakultas Ekonomi Unpatti LK. Kami juga harus kerja hati-hati agar tidak semua berkas dan bukti lengkap untuk menjerat para tersangka dalam kasus ini,” kata dia.

Kejari Ambon menargetkan dalam beberapa minggu kedepan berkas perkara dugaan korupsi senilai Rp 3,6 milyar ini sudah bisa dilimpahkan ke pengadilan. ”Sekarang kami sudah melakukan pemberkasan tahap I. Setelah selesai maka dilakukan pemberkasan tahap II. Tahap II selesai langsung kita limpahkan ke pengadilan untuk segera disidangkan,“ ucapnya.

Untuk diketahui, Dekan Fakultas Ekonomi Unpatti Latif Kharie dan Bendahara Fakultas Ekonomi Ny C Hahury telah ditetapkan sebagi tersangka dan ditahan di Rutan Klas II-A Ambon sejak 22 Januari 2014 guna mempermudah penyelidikan dan pemeriksaan. (ameks-M2)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>