Published On: Sat, Dec 16th, 2017

Besok Murad-Orno Genggam Rekomendasi PDIP

Share This
Tags

Pasangan calon Guber­nur dan Wakil Gubernur Irjen Murad Ismail-Barnabas Orno dipastikan akan me­nggenggam rekomendasi PDIP.

Rekomendasi tersebut akan diumumkan dan lang­sung diserahkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soe­karnoputri

Keputusan untuk meng­usung duet Komandan Korps Brimob dan Bupati MBD itu ditetapkan setelah DPP PDIP menggelar rapat bersama fungsionaris pimpinan partai berlambang banteng itu di kantor DPP, Ka­mis (14/12).

“DPP sudah me­netapkan keputusan untuk mengusung Murad-Orno sebagai pasangan gubernur dan wagub saat rapat yang berlangsung di kantor DPP, Kamis (14/12),” ungkap sumber Siwalima di DPP PDIP, Jumat (15/12).

Menurut sumber yang enggan namanya dikorankan tersebut, setelah resmi menetapkan Murad-Orno sebagai balon gubernur dan wakil gubernur, maka akan diikuti dengan penyerahan rekomendasi Minggu (17/12).

Nantinya, rekomendasi itu akan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno­putri usai penutupan Rapat Koordi­nasi Nasional (Rakornas) 3 Pilar bidang Ekonomi Kerakyatan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, Minggu (17/12).

“Nanti keputusan dari rapat DPP itu akan disahkan melalui penye­rahan rekomendasi oleh Ketua Umum, ibu Megawati Soekarno­putri,” ungkap sumber itu.

Ia mengaku, dalam rapat terse­but hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serta para fungsionaris DPP PDIP. “Keputusan itu dite­tapkan dalam rapat DPP. Saya juga ikut mendengar hasilnya,” ujar sumber tersebut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang dikonfirmasi Siwalima tadi malam enggan untuk memberikan penjelasan secara detail. Ia bera­lasan sementara mengikuti acara.

“Saya sementara ada acara. Namun dijadwalkan Minggu (17/12) akan diumumkan pasangan calon yang diusung. Waktu tepatnya be­sok (hari ini-red) akan saya sam­paikan saat jumpa pers,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPD PDIP, Benhur Watubun ketika dikonformasi belum mau berbicara panjang lebar.

Ia hanya mengaku Minggu (17/12), tepatnya pukul 10.00 WIB, DPP akan menyerahkan rekomendasi kepada calon gubernur-wakil gu­bernur Maluku. “Nanti kita tunggu pengumuman resminya ketika nanti Ibu Ketua Umum serahkan rekomendasi. Nanti teman-teman juga akan tahu rekomendasinya kepada siapa,” ungkapnya.

Irjen Murad Ismail dan Barnabas Orno dikabarkan telah deal untuk berpasangan pada Pilkada 2018.

Beberapa hari lalu, keduanya bertemu di Jakarta dan konon sepakat untuk berpasangan.

Pertemuan keduanya, bahkan terdokumentasi dalam foto yang beredar luas di media sosial. Pada foto itu terlihat Murad dan Orno yang bertemu di suatu tempat, mela­kukan salam komando. Keduanya tampak didampingi beberapa pendukungnya.

Pasangan ini memang sebe­lumnya dinilai sangat berpeluang menggenggam rekomendasi PDIP, karena Orno merupakan kader partai berlambang banteng tersebut.

Peran nyata Orno yang menda­pat tempat dihati DPP, bukan hanya karena keberhasilannya dua pe­riode memimpin Kabupaten MBD, namun juga turut serta membantu DPP melakukan langkah-langkah pe­menangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat saat Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 dengan membentuk relawan.

Informasi yang diperoleh Siwalima di PDIP, Minggu (10/12) menyebutkan pasangan Murad-Orno sudah final. Pasangan ini mulai digagas sejak PKB menge­luarkan rekomendasi kepada Murad pada 30 November lalu.

“Memang betul Murad-Orno sudah final. Mereka sudah digagas berpasangan sejak PKB menge­luarkan rekomendasi pada tang­gal 30 November lalu kepada Jenderal Murad,” ungkapnya.

Sumber yang enggan namanya dikorankan ini menjelaskan, penjajakan dilakukan pasca reko­mendasi PKB dan ditindaklanjuti dengan beberapa kali pertemuan Murad dan Orno maupun tim masing-masing.

Alhasil, dari pertemuan itu ke­mudian melahirkan kesepakatan untuk berduet dalam Pilgub Ma­luku. “Dari komunikasi yang diba­ngun kemudian dari penilaian dari be­berapa aspek, dan karena ada keco­cokan ideologi, kewilayahan dan kultural. Untuk itu mereka su­dah resmi berpasangan,” ung­kapnya

Ia menambahkan, pasangan Murad-Orno merupakan konfigu­rasi berdasarkan karakteristik Maluku saat ini. “DPP PDIP menyambut baik terwujudnya pasangan ini dengan berbagai pertimbangan. Jadi tunggu saja keputusan DPP nanti. Kalau tidak salah mungkin tanggal 17 De­sember sudah keluar reko­mendasi,” ujar sumber tersebut.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>