Published On: Mon, Feb 12th, 2018

Besok Tiba, Ini Agenda Jokowi di Maluku

Share This
Tags

Gubernur Maluku, Said Assagaff memastikan Presiden RI, Joko Widodo akan tiba di Ambon, Selasa (13/2). Di Maluku, Jokowi juga akan mengunjungi kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah.

Dalam kunjungan kerjanya, orang nomor satu di RI ini didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.  Jokowi dan rombongan bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa.  Menggunakan pesawat kepresidenan, Jokowi berangkat pukul 15.00 WIB. Tiba di Bandara Pattimura Ambon pukul 20.30 WIT, mantan gubernur DKI Jakarta ini menuju hotel untuk istirahat. Hotel yang disiapkan selama Jokowi berada di Ambon yakni, Hotel Natsepa, Hotel SwisBell dan Hotel City (kawasan Mardika).

Pada Rabu pagi Jokowi akan meresmikan Hindu dan Budha center dan dilanjutkan membuka perhelatan Kongres HMI ke XXX yang dipusatkan di kampus Universitas Pattimura. Selanjutnya dengan menaiki helikopter dari Bandara Pattimura, Jokowi dan rombongan bertolak menuju Waimital (Gemba), Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Di Waimital berbagai agenda akan dilaksanakan Jokowi. Mulai dari peninjauan program padat karya, program keluarga harapan, penyerahan kartu Indonesia pintar kepada para siswa.

Menggunakan helikopter, Jokowi melanjutkan kunjungannya ke Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Jokowi akan menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Malteng dipusatkan di desa Hatu.

Kedatangan Jokowi menjadi yang pertama di tahun 2018 setelah sebelumnya pada tahun 2017, Jokowi tercatat beberapa kali mengunjungi Kota Ambon.

‘’Pihak Istana Presiden telah memutuskan bahwa Bapak Presiden akan ke Ambon pada tanggal 13 Februari, mungkin sore atau malam hari,’’ ungkap Gubernur Maluku, Said Assagaff saat coffee morning dengan insan pers Maluku, di Rumah Kopi Lela Ambon, Sabtu (10/2).

Kedatangan Jokowi kesekian kalinya di Provinsi Maluku ini, patut diapresiasi. ‘’Ini untuk ke tiga kalinya bapak Presiden Jokowi ke Maluku. Karena itu, sebagai warga masyarakat Maluku, kita sambut kedatangan beliau, yang sudah pasti akan memberi dampak yang besar bagi pembangunan di daerah,’’ ujar Assagaff.

Jokowi akan berada di Kota Ambon selama dua hari. Selain dijadwalkan membuka Kongres HMI, Jokowi juga akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten SBB dan Kabupaten Maluku Tengah serta sejumlah agenda lainnya.

‘’Tidak hanya di Kota Ambon. Beliau juga akan ke Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Maluku Tengah,’’ kata Assagaff.

Sebelum membuka Kongres HMI, kata Assagaff, Jokowi akan meresmikan Hindu Center dan Budha Center yang akan dipusatkan di kawasan Museum Siwalima, Ambon.

Peresmian Hindu dan Budha Center, kata Assagaff sengaja dipusatkan di kawasan Museum Siwalima, agar Presiden Jokowi juga bisa melihat museum tersebut. ‘’Kita pusatkan di Museum Siwalima agar beliau juga bisa melihat museum kita. Selama ini belum ada kepala negara yang sampai di museum tersebut,’’ jelasnya.

Dari Museum Siwalima, Jokowi akan membuka Kongres HMI di  kampus Unpatti dan selanjutnya menuju Desa Gemba, SBB. “Setelah berkunjung ke Desa Gemba, dijadwalkan beliau juga akan berkunjung ke Desa Hatu, Kabupaten Maluku Tengah untuk membagikan Kartu Indonesia  Sehat dan sertifikat tanah bagi masyarakat,’’ papar Assagaff.

Masih menurut Assagaff, dua alternatif yang dilakukan Jokowi dalam kunjungan itu. ‘’Alternatif pertama dengan helikopter presiden kembali ke Bandara Pattimura dan menggunakan mobil menuju Desa Hatu atau Desa Alang untuk membagikan Kartu Indonesia Sehat dan sertifikat tanah,” ujarnya.

Alternatif kedua, dari Gemba, Jokowi menggunakan helikopter menuju Bandara Amahai untuk membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Sertifikat Tanah kepada warga. “Dari Amahai, menggunakan helikopter menuju Bandara Pattimura ke Ambon untuk kembali ke Jakarta,” sebutnya.

Berkaitan dengan kedatangan Jokowi, berbagai persiapan telah dilakukan. ‘’Berbagai agenda beliau tersebut diputuskan pada Sabtu (10/2) dalam rapat bersama tim dari Istana Kepresidenan, Paspampres dan jajaran Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat serta jajaran terkait lainnya,’’ ujarnya.

Gubernur sangat berharap dukungan berbagai untuk kelancaran kunjungan kerja Jokowi di Maluku. ‘’Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan berjalan lancar. Saya juga sudah  sampaikan ke bapak presiden untuk tanggal 9 Maret mendatang beliau kembali lagi ke Ambon membuka hari musik dunia dan secara lisan beliau sudah siap,’’ imbuh Assagaff. (Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>