Published On: Fri, Nov 13th, 2015

BKKBN Maluku Gelar Lomba Poster GenRe

Share This
Tags

PosterSesuai laporan Kementerian Kesehatan RI akhir Desember 2014 secara kumulatif terdapat 148.337 kasus HIV positif dan 65.790 kasus AIDS. Hal ini tidak berbeda jauh dengan kondisi di Maluku tahun 1994 hingga Agustus 2014 terdapat 2.556 kasus yaitu HIV 1.210 dan AIDS 1.346.

Semula kasus HIV dan AIDS bergerak secara linier, namun sejak tahun 2007 temuan kasusnya terus meningkat tajam.

Distribusi usia penderita HIV-AIDS terlihat tingginya persentase pada usia muda yang produktif dan aktif secara seksual, yaitu 15-39 tahun (76 persen), 40-60 tahun (21 persen) dan 0-14 tahun (3 persen), kasus penularan terbanyak Heteroseksual (74 persen), Penasun (19 persen), Perinatal (4 persen) dan Homoseksual (3 persen).

Demikian sambutan tertulis Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku yang dibacakan oleh Drs. Djamaludin La Pele Kabid KB/KR, sekaligus membuka dengan resmi Lomba Poster Generasi Berencana (GenRe) tingkat Provinsi Maluku tahun 2015 bertempat di Aula BKKBN Maluku, Jumat (13/11).

Hasil Sensus Penduduk tahun 2010 penduduk usia muda 25 persen dari totak penduduk Indonesia rentan terhadap bahaya HIV/AIDS dan Narkoba, karena rendahnya pengetahuan penduduk (remaja) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) khususnya cara-cara melindungi diri dari perilaku seksual beresiko, pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan, Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV/AIDS.

Untuk itu maka BKKBN Promal menyelenggarakan Lomba Poster Generasi Berencana (GenRe) tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa/Umum, sebagai bentuk sosialisasi sekaligus dalam rangka memperingati hari AIDS se-dunia tanggal 1 Desember 2015.

Lomba Poster GenRe tahun 2015 mengambil tema “Berperilaku Sehati Saatnya Remaja Indonesia Peduli Kesehatan Reproduksi.”

Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan perilaku positif generasi muda dan para remaja tentang pentingnya kualitas penduduk, melalui generasi berencana dengan melakukan Pendewasaan Usia Perkawinan, serta menghindari PMS, HIV/AIDS, Narkoba, Perilaku Seks Bebas, untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

Ketua Panitia Lomba Poster GenRe Sunarto dalam laporannya mengatakan, lomba ini bertujuan untuk; Terjalinnya komunikasi melalui kegiatan populer dikalangan generasi muda, sehingga dapat meningkatkan kesadaran terhadap Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP); Memberikan KIE kepada Generasi Muda tentang program KB.

Jumlah peserta lomba 46 orang terdiri dari SMP 22 orang, SMA 16 orang dan Mahasiswa/Umum 8 orang, untuk Mahasiswa usia 17 sampai 24 tahun dan belum menikah, dengan Dewan Juri terdiri dari unsur BKKBN Provinsi Maluku, Seniman dan IPKB Provinsi Maluku.(tribunmaluku-TM02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>