Published On: Fri, Aug 18th, 2017

Bupati SBB Suarakan Dukungan ke SA

Share This
Tags

Dukungan kepada peta­hana Said Assagaff untuk maju bertarung di Pilkada 2018 terus mengalir.

Kali ini dukungan politik disuarakan secara langsung oleh Bupati SBB M Yasin Pa­yapo disela-sela panen raya padi  di Desa Wamital, Keca­matan Kairatu, SBB, Rabu (16/8), yang dihadiri langsung Gubernur Said Assagaff.

Di depan ratusan warga Kairatu, Payapo secara lan­tang menyampaikan kepada masyarakat agar jangan lupa sosok gubernur dan berikan dukungan kepadanya.

“Saya mau bilang agar ja­ngan lupa beliau, dukung beliai entah dukung untuk apa nanti masyarakat sandiri yang tahu,”ujarnya.

Bahkan ia meminta persetujuan kepada masyarakat untuk men­dukung Ketua DPD Golkar Maluku itu. Ia juga menanyakan langsung ke warga yang hadir, apakah mendukung SA, sapaan  Assagaff, yang langsung serentak dijawab warga dengan mengatakan setuju.

“Apa yang disampaikan bapak ibu merupakan janji, dan janji adalah sumpah pada diri sendiri. Yang bicara ini Bupati SBB,” tandasnya.

Ia berpendapat apa salahnya bila selaku masyarakat Maluku yang telah melihat kinerja SA se­lama ini, kembali mempercaya­kannya untuk kembali memimpin Maluku 5 Tahun kedepan.

“Beliau kerja bagus, kita lihat ada perubahan, kita pertahankan beliau dulu untuk terus bangun Maluku, nanti baru setelah itu generasi muda mulai berpacu untuk me­ngikuti jejak beliau,” tambahnya.

Bantuan Pertanian

Sementara itu, kehadiran SA bukan hanya melakukan panen padi dan penanaman bawang merah perdana di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, namun disaat yang sama, ia juga memberikan bantuan pertanian bagi masyarakat di SBB.

Pemberian bantuan tersebut bersumber dari APBN dan APBD Maluku tahun anggaran 2017. Bantuan yang diberikan tersebut bertujuan agar petani dapat lebih mudah dalam mengembangkan lahan pertanian mereka.

SA memberikan Alat pemipil jagung 5 unit, alat panen padi 11 unit, tracktor roda dua 15 unit, pompa air 10 unit, alat tanam padi 5 unit, cultivator 1 unit dan bibit jagung untuk 3000 hektar.

Sementara itu, untuk tanaman Hortikultura diberikan bibit bawang merah untuk 125 hektar, bibit cabe 40 hektar, cultivator 11 unit, pompa air 50 unit, bantuan perkebunan diantaranya anakan cengkeh untuk 210 hektar, anakan pala 100 hektar, anakan kelapa dalam untuk 250 hektar dan kebun induk kelapa dalam 5 hektar. Untuk peternakan diberikan bibit sapi potong (anakan) 291 ekor.

Bantuan lainnya untuk 50 bangu­nan masjid dan gereja di SBB rata-rata Rp 25juta – Rp 35 juta.

Kepada wartawan Gubernur meminta agar masyarakat ataupun kelompok tani yang menerima ban­tuan tersebut, dapat memper­gunakannya dengan optimal, sehingga apa yang menjadi harapan bersama, swasembada pangan di Maluku dapat tercapai.

“Harus digunakan sebaik-baik­nya sehingga kebutuhan pangan di Maluku dapat terpenuhi dengan baik,” katanya usai menanam ba­wang merah perdana.

Selain itu dirinya juga meng­apresiasi keinginan dan tekad Bupati SBB, untuk meningkatkan produksi beras dan pertanian di daerah tersebut, terutama dengan meningkatkan pengembangan sawah irigasi.

“Dengan meningkatkan sawah irigasi di dataran Gemba, yang mencakup desa Waimital, Waihatu dan Waikose yang merupakan dae­rah transmigrasi pertama di Maluku, maka saya akan mem­berikan perhatian penuh untuk pengembangan pertanian kedepannya,” kata gubernur.

Sebagai orang nomor satu di Maluku, dirinya akan mendorong pengembangan sektor pertanian di SBB, mengingat di Maluku masih terdapat banyak lahan yang subur untuk pengembangan di masa yang akan datang.

“Kalau kondisi pangan khusus beras, kita masih kurang, karena itu pemerintah menyiapkan Pulau Seram dan Buru untuk pengem­ba­ngan lahan pertanian. Jadi silahkan kalau ada yang mau membuka sa­wah baru silahkan di Pulau Seram atau Buru,” tandasnya.

Ia menambahkan, pemprov tidak akan mengubah pola kon­sumsi pangan di Maluku untuk menkon­sumsi beras. “Biar satu saat kalau mereka sudah punya penghasilan yang cukup dan ingin konsumsi beras silahkan saja. Tetapi pe­ngembangan pangan lokal tidak akan ditinggalkan,” ujarnya. (SIWALIMA)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku