Published On: Mon, Apr 4th, 2016

Butuh 5 Tahun Bangun Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur, Ini Alasannya

Share This
Tags

fe17f354-8945-4f83-b334-0c0a13d8df58_169Proyek konstruksi Jembatan Merah Putih di Teluk Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku, akhirnya siap diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini.

Konstruksi jembatan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 772,9 miliar ini sebenarnya telah dimulai sejak Juli 2011, dan baru tersambung seluruhnya pada Maret 2016.

Kepala Satuan Kerja Jembatan Merah Putih, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Christoforus Lasmono mengungkapkan, lamanya pengerjaan proyek tersebut disebabkan oleh kondisi cuaca angin timur di Maluku yang membuat pengiriman material konstruksi terhambat.

“Tahun 2012-2013 kita kehilangan waktu banyak. Karena material pabrikan semua didatangkandariSurabaya, semen dari Makassar. Saat musim angin timur, sulit kapal dari Surabaya dan sebaliknya susah ke Ambon,” jelasnya ditemui di lokasi Jembatan Merah Putih, Ambon, Senin (4/3/2016).

“Jadi masalahnya di pengiriman yang jadi kendala paling berat. Saat November sampai Januari nggak boleh berlayar kapal dari Surabaya. Begitu saat April sampai Agustus kapal dari Ambon tak boleh keluar ke Surabaya,” ujar Lasmono.

Selain itu, dia menuturkan, lambatnya pembangunan jembatan yang membentang di Teluk Ambon ini dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi sejak 2012.
“Sejak 2012 hujan terus, jadi memang membuat proses konstruksi lambat.Dalampembetonan kan butuh cuaca yang bagus. Faktor penghambat terakhir karena kemarin sempat gempa,”kataLasmono.

Jembatan Merah Putih terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter.

Kedua, jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter, dan ketiga, jembatan utama (main bridge) sepanjang 300 meter. Sedangkan tinggi jembatan ini mencapai 34,1 meter di atas permukaan laut. (detik)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>