Published On: Fri, Dec 19th, 2014

‘Daud’ San Lorenzo vs ‘Goliat’ Real Madrid

Share This
Tags

Laga Real Madrid dengan San Lorenzo di final Piala Dunia Antarklub diprediksi berjalan timpang. Menghitung kekayaan, komposisi pemain sampai performa di kompetisi yang diikuti, laga tersebut seperti pertemuan Daud dengan Goliat.

Hal pertama – dan mungkin paling mudah – dalam membandingkan San Lorenzo dengan Madrid adalah soal kondisi keuangan dan aktivitas belanja mereka. Total belanja klub juara Liga Argentina itu bursa transfer terakhirnya adalah tiga juta euro.

Angka itu tak berarti apa-apa untuk Madrid, yang untuk memboyong James Rodriguez seorang saja sudah menghabiskan 80 juta euro. Total belanja Madrid di bursa transfer musim panas lalu adalah 117,5 juta euro. Itu artinya pengeluaran San Lorenzo cuma 2,5% dari belanja ‘Si Putih’.

Masih terkait dengan James Rodriguez, kedatangan gelandang asal Kolombia itu membuat Madrid punya makin banyak pemain berlabel bintang. Kecuali yang negaranya tak lolos ke Piala Dunia (Gareth Bale misalnya), semua pemain utama Madrid hadir di Brasil pada musim panas lalu.

San Lorenzo bukannya tak punya pemain yang main di Piala Dunia 2014. Tapi daftarnya tak panjang karena cuma diisi satu orang saja. Dia adalah bek Kolombia, Mario Yepes. Eks AC Milan itu berumur 38 tahun di 2014 ini.

“Saya 100% percaya dengan peluang yang kami punya. Anda harus bermimpi untuk meraih kemenangan,” cetus pelatih San Lorenzo, Edgardo Bauza di Reuters.

Dengan 21 kemenangan beruntun sudah dikumpulkan saat ini, Madrid adalah lawan yang berpotensi menjungkalkan San Lorenzo dengan skor besar. Produktivitas kedua kubu di sepanjang 2014 menunjukkan jurang yang sangat lebar

Untuk tim yang merebut gelar juara Liga Argentina dan Piala Libertadores, produktivitas San Lorenzo tak bisa dibilang mengesankan. Sepanjang tahun kalender 2014 mereka cuma mencetak 66 gol dalam 56 pertandingan resmi.

Padahal dalam kurun yang sama seoarng Cristiano Ronaldo saja sudah bikin 56 gol dari 51 pertandingan.

Mauro Matos yang sampai saat ini jadi topskorer San Lorenzo baru bikin sembilan gol di sepanjang 2014. Gol terakhir yang dia buat datang dalam laga dengan Auckland City di babak semifinal. Saat mengantar timnya menjuarai Piala Libertadores, striker 32 tahun berpaspor Argentina itu bikin tiga gol. Posisi kedua topskorer San Lorenzo di tahun ini adalah Nestor Ortigoza dengan tujuh gol.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>