Published On: Mon, Feb 15th, 2016

Dianggap Penting, Obama Jamu Pemimpin ASEAN di Resor Mewah

Share This
Tags

1429174ThinkstockPhotos-453174753780x390Presiden AS Barack Obama untuk sementara akan menyisihkan urusan domestiknya saat menjamu negara-negara Asia Tenggara di California, Senin (15/2/2016).

Obama akan menerima perwakilan dari 10 negara Asean di Sunnylands, sebuah resor terpencil seluas 80 hektar di gurun California.

Tempat ini juga pernah digunakan para tokoh ternama AS mulai penyanyi Frank Sinatra dan para presiden AS sejak masa pemerintahan Dwight Eisenhower.

Gedung Putih melihat pertemuan dengan negara-negara Asean ini merupakan sebuah kesempatan untuk menunjukkan posisi penting Asean bagi AS sebelum Obama lengser pada Januari 2017.

Akhir tahun ini, Presiden Obama dijadwalkan berkunjung ke Vietnam dan Laos yang semakin menunjukkan pentingnya kawasan ini untuk masa depan AS.

Dulu pemerintah AS tidak menganggap Asean sebagai sebuah blok yang terlalu penting karena dianggap kecil, terlalu beragam dan tak bisa berfungsi sebagai “pemain” penting.

Namun Obama, yang pernah tinggal di Indonesia di masa kecilnya, menjadi Asean pijakan untuk kebijakannya di Asia.

“Sekarang, Asean memiliki nilai sangat penting bagi AS,” kata penasihat kebijakan luar negeri Obama, Ben Rhodes.

“Ke-10 negara anggota Asean jika digabung adalah kekuatan ekonomi ketujuh terbesar di dunia. Memiliki banyak isu keamanan penting mulai dari keamanan maritim, kontraterorisme hingga pembajakan,” tambah Rhodes.

Selama berkuasa, pemerintahan Obama mencoba semakin mempererat ikatan negara-negara Asean sebagai “lawan” untuk China yang kini menjadi kekuatan dominan di Asia.

“Obama mencoba untuk menciptakan konteks strategis untuk membuat China bermain sesuai aturan,” demikian Pusat Studi Internasional dan Strategis Earnest Bower.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>