Published On: Mon, May 29th, 2017

Dibobol Maling, Sejumlah Komputer SMPN 1 Saparua Raib

Share This
Tags

Komplotan maling beraksi dan menyasar salah satu sekolah mene­ngah pertama di Saparua Kabupaten Malteng. Sekolah yang disasar yakni SMPN 1 Saparua, dimana  maling yang beraksi berhasil mem­bobol laboratorium komputer sekolah tersebut. Alhasil sejumlah perlengkapan komputer digasak. Tindak pidana pencurian tersebut terjadi Kamis (25/5) sekitar pukul 16.00 WIT, beberapa jam sebelum kegiatan persekolahan dimulai.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu N Anakotta kepada wartawan di ruang kerjanya Sabtu (27/5) menjelaskan, kejadian pencurian diketahui oleh salah seorang guru yakni Zeth Latupeirissa (36).

Menurut keterangan, Zeth pada hari Rabu (24/5) sekitar pukul 11.00 WIT, sempat menggunakan salah satu komputer di ruang laboratorium untuk membuat laporan sekolah.

Selesai menggunakan saksi kemu­dian keluar dan mengunci pintu laboratorium baru kemudian pulang meninggalkan sekolah. “Jadi sebe­lum kejadian saksi sempat meng­gunakan ruangan yang merupakan tempat kejadian perkara untuk membuat laporan. Ketika selesai menggunakan, saksi juga tidak lupa untuk mengunci pintu ruangan sebelum pulang,” beber Anakotta.

Sayangnya, keesokan harinya ketika saksi pulang beribadah dan hendak kembali menggunakan kom­puter di laboratorium, ternyata sejum­lah komputer didapati telah hilang.

“Awalnya korban tidak menge­tahui kalau laboratorium telah dima­suki maling. Korban baru diketahui setelah saksi hendak menyalakan CPU di dalam ruangan laboratorium tersebut tetapi CPU tersebut tidak menyala. Setelah diperiksa ternyata kabel CPU telah dicabut.  Dari situ saksi merasa curiga dan menoleh ke sekitar ruangan untuk memeriksa, setelah melihat saksi mendapati sejumlah komputer yang diletakan diatas meja telah hilang,” ungkap Anakotta.

Mendapati hal tersebut saksi lantas bergegas untuk menghu­bu­ngi Kepala Tata Usaha Yooi Lesilolo dan bendahara sekolah Dony Pela­monia. Setelah diperiksa, Doni Pelamonia kemudian langsung melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polsek Saparua.

Setelah mendapat laporan, polisi kemudian turun dan melakukan olah TKP serta mengambil keterangan saksi. Dari hasil olah TKP diketahui pelaku dipastikan lebih dari satu orang dan berhasil masuk melalui jendela dengan cara mencabut terali jendela bagian laboratorium.

Akibat kejadian tersebut, barang yang berhasil dicuri berupa 4 monitor Me­rek Zyrex,  6 Keyboard Merek Zy­rex, 2 UPS Merek Zyrex, 4 Heatset Me­rek Zyrex dan 7 Mouse Merek Zyrex.

Anakotta menambahkan saat ini Polsek Saparua sementara menye­lidiki kasus tersebut, dan identitas pelaku sementara masih belum diketahui. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>