Published On: Fri, Dec 11th, 2015

Dinas Kominfo Usulkan Jaringan 4G LTE

Share This
Tags

lte_optimaUntuk menunjang akses internet dan telekomunikasi di Maluku, maka pada tahun 2016 Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akan mengusulkan untuk pemasangan jaringan 4G Long Term Evollution (LTE).

“Kami akan usul­kan tahun depan agar jaringan internet di Maluku tidakl lagi 3G namun 4G LTE terbaru dan canggih,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Maluku, Ibrahim Sangadji kepada Siwalima, di Kantor Gubernur, Rabu (9/12).

Dijelaskan, pema­sangan jaringan awal yang diusulkan ialah kawasan Kota Ambon. Jaringan ini adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Di Indonesia sendiri jaringan ini yang ada di Indonesia Timur adalah di Makassar.

Jaringan ini tekno­loginya lebih canggih, tiga operator yang sudah tercatat melaku­kan uji coba teknologi LTE ini adalah Telkom­sel, Indosat, dan XL. Kemungkinan kita akan kerja sama de­ngan Telkomsel. Kece­patan akses datanya lebih cepat dari tek­nologi EVDO yang dimiliki smarthfrend.

Ia mengaku, untuk pemasangan infra­struktur jaringan baru ini, sangat mahal. Namun pemprov lewat Dinas Kominfo akan mengupayakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Ma­luku, sehingga daerah ini tidak tertinggal dari daerah-daerah lainnya.

“Kita sempat sebelumnya mem­bicarakan hal ini dengan kementerian terkait, kita ingin majukan daerah ini, jadi semahal apapun kita akan coba. Apalagi untuk memajukan daerah ini,” pungkasnya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>