Published On: Thu, Jul 20th, 2017

Dinas PU Percepat Normalisasi Alur Sungai Way Ela

Share This
Tags

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku saat ini terus berupaya mempercepat normalisasi alur sungai Way Ela, Negeri Lima, Kabupaten Malteng. Selain itu, konstruksi jembatan juga diperbaiki.

Pasca nyaris ambruknya jembatan bailey yang di­pasang di sungai tersebut, Senin (3/7) maupun banjir yang kembali terjadi, Senin (17/7), Dinas PU Maluku masih melakukan penanganan darurat.

Kepala Dinas PU Maluku, Ismail Usemahu mengatakan, pihaknya telah mengirimkan sejumlah material untuk perbaikan sejumlah jembatan yang putus akibat hujan deras selama Minggu (16/7) hingga Senin (17/7). “Jembatan penghubung di Desa Ureng, kemudian jembatan Way Ela di Negeri Lima, sudah kami kirimkan, material untuk perbaikan jembatan secara darurat di dua kawasan itu,” kata Usemahu, kepada wartawan di Desa Kobinsonta, Kecamatan Seram Utara  Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (18/7).

Menurutnya, material yang dikirimkan oleh pihaknya itu, yakni kayu dan besi yang direncanakan akan dibangun, pada samping jembatan. “Sudah ada mobilitas kayu dan besi, untuk dibangun pada samping jembatan yakni jembatan darurat guna menghindari terputusnya transportasi masyarakat. Terutama di jazirah Leihitu,”jelasnya.

Ia menegaskan semua jembatan di Negeri Lima yang rusak saat ini sementara diperbaiki.

Dia juga menambahkan, pihaknya tidak ingin berlama-lama dalam menyi­kapi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat terutama soal akses, pem­bangunan jalan dan jembatan, yang mengalami kerusakan akibat terkena musibah. “Begitu ada bencana yang ber­akibat timbulnya kerugian di masya­rakat, maka langsung kita sikapi. Kita tidak berlama-lama, apalagi sampai itu meresahkan masyarakat kami tidak. Biar darurat yang penting bisa untuk perlancar akses masyarakat. Dan sampai saat ini jembatan yang putus itu sudah bisa dilewati masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, alur sungai Way Ela yang terletak Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Malteng akan dinormalisasi guna mencegah terulangnya banjir yang nyaris membuat jembatan di sungai tersebut ambruk. Normalisasi akan dilakukan guna membuat aliran air mengarah ke jem­batan, sehingga aliran yang liar seperti yang terjadi saat ini. Langkah itu dilakukan pasca meluapnya sungai Way Ela, Senin (3/7) lalu.

Jembatan sementara di Way Ela yang nyaris ambruk itu, dibangun pasca jebolnya bendungan alam 25 Juli 2013 lalu yang meluluhlantakan negeri tersebut. Alur sungai pun melebar dan air tak lagi mengalir mengikuti alur yang sebenarnya. Akibatnya saat musim hujan, sering terjadi banjir yang membahayakan jembatan sementara yang dibangun.

Selain jembatan di Way Ela, Dinas PU provinsi Maluku juga sementara mem­buat jembatan darurat di Sungai Wai Sia yang terletak di Negeri Ureng. Jembatan tersebut menghubungkan Negeri Ureng dan Negeri Lima. Sejak Senin (3/7), jem­batan tersebut ambruk akibat opritnya tergerus air saat banjir. Akhirnya jalur jalan dari Ureng menuju Negeri Lima maupun sebaliknya putus total.  (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM