Published On: Sat, Apr 15th, 2017

DPRD Bakal Buat Ranperda Tata Cara Pemilihan RT/RW

Share This
Tags

DPRD Kota Ambon berencana akan membuat sebuah Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Tata Cara Pemilihan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW).

Ketua Pansus I DPRD Kota Ambon, Rovik Akbar Afifudin mengatakan, pembuatan aturan tersebut dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai payung hukum dalam proses pemilihan Ketua RT/RW di Kota Ambon.

“Dari hasil kunjungan Pansus, kita temukan beberapa persoalan yang terjadi dilapangan seperti Lurah Urimessing yang di PTUNkan oleh RT dan warga setempat hanya karena proses pemilihan,” ungkap Affifudin usai melakukan kunjungan lapangan di Kecamatan Nusaniwe, Rabu (12/4/).

Permasalahan ini kata Affifudin, menjadi catatan Pansus I untuk kedepan dapat melahirkan Ranperda inisiatif DPRD tentang Tata Cara Pemilihan Ketua RT/RW, sehingga menjadi payung hukum kedepan agar tidak ada lagi persoalan dalam proses pemilihan RT/RW.

DPRD sendiri, kata Affifudin, tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk mengatur setiap tata cara pemilihan Ketua RT/RW sehingga membutuhkan aturan yang jelas. Karena itu Pansus berencana akan menyusun Ranperda tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor: 84 tentang Kelembagaan dan Undang-Undang yang telah ditetapkan tahun 1973.

“Semua ini harus ada dasar hu­kumnya. Jika tidak ada dasar hukumnya maka, akan berimplikasi terhadap proses pemilihan Ketua RT/RW. Salah satu contohnya yang sementara diha­dapi oleh salah satu lurah di Keca­matan Nusaniwe,” tandasnya.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku