Published On: Tue, Nov 8th, 2016

DPRD Desak Pemkot Percepat Bentuk Satgas Pungli

Share This
Tags

pungli-bisnis-jabar-com“Pemkot harus secepatnya membentuk satgas pungli apalagi sudah ada surat dari kementrian makanya harus secepatnya ditindak lanjuti,”ungkap Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Saidna Azhar Bin taher kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Minggu (6/11).

Menurutnya,  satgas pungli harus dibentuk sesuai dengan kemampuan pejabat yang akan dipilih dan masuk dalam satgas.  karena seseorang yang masuk dalam satgas harus bersikap bijak dan memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan fungsi tugasnya.

Dalam pembentukan satgas,  ia juga meminta kepada Pemkot untuk tidak main-main ketika menemukan adanya pungli harus diberikan sanksi tegas. “Satgas kalau sudah dibentuk harus diberikan sanksi tegas kepada siapa saja yang melakukan pungli. Dan petugas satgas juga harus bekerja dengan sungguh-sungguh, jangan main-main,” katanya.

Ia menambahkan,  pejabat harus bisa melakukan evaluasi agar apa yang menjadi tugas satgas bisa terlaksana.

Sebelumnya diberitakan,  pembentukan satgas ini bakal ditindak lanjuti setelah pemkot menerima surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dimana isi surat tersebut minta agar pemkot segera membentuk satgas ini.

Penjabat Walikota Ambon, FJ Papilaya, menjelaskan, pembentukan Satgas ini sangat penting, bahkan secara resmi sudah dilaksanakan di tingkat pusat sehingga masing-masing daerah juga diminta untuk membentuk tim khusus untuk memberantas yang namanya pungli.

“Kita telah dapat surat resmi dari pihak Kemendagri. Isi suratnya itu adalah memerintakan kepada seluruh kepala daerah di kabupaten/kota untuk segera bentuk satgas penanggulangan pungli di lingkup masing-masing daerah,” ungkapnya, Papilaya kepada wartawan di ruang kerjannya, Jumat (4/11).

Menurutnya, semenjak proses penangkapan sejumlah aparat di lingkup Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, maka semua daerah juga diwajibkan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut.

“Untuk itu, dalam waktu dekat satgas atau tim khusus ini kita sudah bentuk di lingkup pemkot dan bisa langsung melakukan tugas melawan pungli, khususnya pada aparatur sipil negara,” janjinya.

Ditambahkan, semenjak ditunjuk menjadi penjabat untuk memimpin 41 ribu lebih warga kota dan 7.248 pegawai ia juga bertekad untuk memberantas pungli, sebab masyarakat haruslah diberikan pelayanan prima dan dalam memberikan pelayanan tidak diperkenankan yang namanya pungli, apalagi di lingkup pemerintah. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>