Published On: Sun, May 24th, 2015

DPRD Kritisi Kinerja RSUD Namrole

Share This
Tags

67dprd malukuKinerja Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namrole yang dipimpin Sabaha Patah, dikritisi lembaga wakil rakyat setempat. Infrastruktur yang dimiliki satu-satunya rumah sakit di Kabupaten Buru Selatan itu tidak sesuai dengan standar pelayanan kesehatan.

TAK hanya itu, banyak pasien yang dirawat di RSUD Namrole dirujuk ke Namlea dan Ambon, lantaran dianggap tidak mampu menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Akibat dari belum memadainya fasilitas UGD, laboratorium, klinik, ruang perawatan, alat kesehatan dan sarana pendukung lainnya.

Kritikam keras terhadap kinerja RSUD Namrole tertuang dalam Keputusan DPRD Kabupaten Bursel no­mor: 08/KPTS-PIM/DPRD/2015 tentang Rekomendasi DPRD Bursel terhadap LKPJ Bupati tahun 2014 yang disampaikan pada rapat paripurna, beberapa waktu lalu.

Atas berbagai kekurangan tersebut, dewan merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Bursel agar memerintahkan Direktur RSUD Namrole untuk memperhatikan fasilitas kesehatan dan menyesuaikan sesuai standar pelayanan kesehatan.

Lembaga wakil rakyat setempat juga memberi peringatan keras kepada Direktur RSUD Namrole agar lebih serius meningkatkan sumber daya tenaga medis dan segera memperhatikan fasilitas pendukung sarana pelayanan kesehatan.

Terkait rekomendasi DPRD Bursel tersebut, banyak kalangan yang berdiam di ibu kota Bumi Fuka Bipolo sering mengeluh pelayanan yang diberikan RSUD Namrole. Betapa tidak, fasilitas ruang perawatan RSUD Namrole terlihat kumuh, belum lagi fasilitas pelayanan tidak mendukung, menyebabkan banyak masyarakat yang khawatir ketika dirawat di rumah sakit milik Pemkab Bursel itu.

Hal ini sudah terjadi beberapa tahun terakhir tetapi Direktur RSUD Namrole, tidak memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Ruang perawatan saja terlihat kotor, dinding RSUD juga kadang baru dicat. Bagaimana mau menyembuhkan pasien, hal sekecil itu saja tidak bisa diatasi. Mestinya kebersihan menjadi prioritas kesehatan,” keluh Hasan, warga Namrole kepada Kabar Timur, kemarin. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>