Published On: Fri, Jan 29th, 2016

DPRD Maluku Tetapkan Lima Anggota Pansel KPID

Share This
Tags

KPIDKomisi A DPRD Maluku telah menetapkan lima anggota panitia seleksi (Pansel) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Maluku periode 2016-2019.

“Kami baru saja melakukan rapat internal dalam rangka menindaklanjuti surat komisioner KPID untuk menetapkan Pansel calon komisioner yang baru sesuai Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia (PKPI) No. 1 tahun 2014,” kata Ketua Komisi A DPRD Maluku, Melki Frans di Ambon, Kamis (28/1).

Dari sepuluh nama yang diajukan, DPRD menyetujui lima nama yakni dosen ilmu tata negara dari Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon,Jimmy Pieterz, SH, dosen ilmu komunikasi hukum Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon,Drs. Marthin J. Masspaitella. MSi, Selain itu, Sosiologi IAIN Ambon dan wakil masyarakat,DR. Abidin Wakano, MAg, Dekan FISIP Unpatti, Drs. Jusuf Madubun serta Azis Tuni dari unsur KPID Maluku.

Menurut Melki, mereka berlima ini akan melaksanakan tugas untuk membuka penerimaan calon KPID yang baru, selanjutnya melakukan seleksi.

Hasil seleksi nantinya dilaporkan ke DPRD untuk melakukan uji kepatutan dan kelaikan guna menentukan kelulusan tujuh komisioner baru yang bakal dilantik pada Maret 2016.

Awalnya sudah membentuk Pansel oleh Sekretariat KPID, tetapi tidak memenuhi aturan PKPI No. 1 tahun 2014 sehingga komisioner yang sekarang keberatan dan dilakukan pembentukan Pansel baru.

“Atas dasar keberatan itulah, kita mengundang KPID dan sekretariat menyelesaikannya di DPRD dengan hasil rapatnya membatalkan seluruh keputusan yang telah dibuat Sekretariat KPID,” tandas Melki.

Karena membatalkan Timsel yang diputuskan sekretariat, dengan demikian membatalkan seluruh aktivitasnya, sehingga bagi pelamar yang telah mendaftar tidak usah ragu.

“Segera setelah ada pembukaan pendaftaran baru oleh Pansel yang telah diputuskan DPRD, maka secara otomatis masuk dalam proses pendaftaran,” tegas Melki.

Komisi juga akan menyampaikan hasil rapat tersebut ke Sekretaris DPRD untuk membuat surat keputusan legislatif yang ditandatangani pimpinan DPRD. (tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>