Published On: Wed, Dec 13th, 2017

DPRD Minta Ketersediaan Transportasi Diperhatikan

Share This
Tags

DPRD Maluku melalui Komisi C minta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan PT Pelni untuk memperhatikan sarana transportasi laut, udara dan darat guna mengantisipasi melonjaknya penumpang menjelang perayaan Natal dan Tahun baru.

 “Jelang Natal dan Tahun Baru kita ingin ketahui kesiapan trasnportasi, baik itu laut, udara dan darat. Hal ini untuk antisipasi melonjaknya penumpang,” tandas Ketua Komisi C DPRD Maluku, Anos Jermias dalam rapat kerja bersama Dishub, dan PT Pelni di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Selasa (12/12).

Ia mengaku, hal ini perlu diperhatikan dikarenakan, kebiasaan menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan, baik Idul Fitri maupun Natal, sering terjadi kelangkaan transportasi khususnya laut. Untuk itu, diharapkan agar Dishub dan PT. Pelni dapat memberikan gambaran terkait persiapan armada transportasi bagi masyarakat yang akan melaksanakan liburan Natal maupun Tahun Baru.

Menyikapi apa yang dikemukakan ketua komisi, Sekeretaris Dishub Maluku, Melki Lohi menjelaskan, ada beberapa langkah yang sudah dilakukan terkait kesiapan transportasi laut, darat maupaun udara.

“Sampai hari ini masih terdapat tiga kapal yang masih docking. Satu kapal dengan rute SBT akhir bulan ini sudah bisa dioperasikan,” jelas Lohi.

Selain itu, pada perayaan Natal tahun ini, Dishub juga akan menggelar mudik gratis, namun secara teknisnya, masih dibicarakan secara internal.

Sedangkan staf PT Pelni yang hadir dalam rapat itu menuturkan, ada 10 kapal yang dipersiapkan untuk melayani para penumpang pada saat liburan Natal. Bahkan 9 kapal perintis juga akan dilibatkan.

Dari penjelasan tersebut, anggota Komisi C DPRD Maluku, Habiba Pellu mengingatkan kepada pihak Pelni maupun Dishub menyangkut dengan penjualan tiket, sebab seringkali ada penjualan tiket yang dilakukan double.

“Saya pernah alami hal ini, ada tiket double padahal satu tempat duduk hanya untuk satu orang tetapi ditempati oleh dua orang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, terkait mudik gratis, ia minta agar Dishub melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sejak dini. Sehingga informasi ini diketahui oleh masyarakat luas. (Siwalimanews)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>