Published On: Mon, Nov 14th, 2016

Dua Tersangka Korupsi Raskin MTB Ditahan Jaksa

gerogoti-beras1Kejari Maluku Tenggara Barat (MTB) menahan dua tersangka kasus korupsi beras bagi mas­yarakat miskin (Raskin) tahun 2012, Jumat (11/11).

Kedua tersangka yang ditahan itu adalah   mantan Camat Wertam­brian Robert Renwarin dan Di­rektur CV Anugerah Sejati, Yesa­yas Labobar selaku  rekanan.

Mereka ditahan di Rutan Ca­bang Saumlaki, setelah dilakukan tahap II atau pelimpahan ter­sangka dan barang bukti dari penyidik ke JPU.

“Setelah dilakukan tahap II mereka langsung ditahan di Rutan Cabang Saumlaki,” kata Kasi Pid­sus Kejari MTB, Denny Saputra, kepada Siwalima, melalui te­lepon selulernya, Sabtu (12/11).

Saat ini berkas kedua ter­sangka sementara diram­pung­kan untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Ambon,  Kamis (17/11). “Kita ren­canakan akan melimpahkan berkasnya ke Pengadilan Ti­pi­kor Ambon, Kamis men­da­tang,” ujar Saputra.

Penyidik Kejari MTB me­nemukan kerugian negara sebesar Rp 200.304.000 dalam kasus ini.

Bukti korupsi raskin tahun 2012 menguat setelah tim penyidik memeriksa 10 camat di Kabupaten MTB, yakni Camat Nirumas, Selaru, Wertambrian, Kormomolin, Wermatian, Yaru, Tanimbar Utara, Tanimbar Selatan, Molumaru dan Camat Werlabobar.

Sejak tahun 2012 10 kecamatan ini tidak menyetor harga raskin kepada Devisi Regional (Divre) Bulog Tual, padahal raskin tersebut terus disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan pagu yang ditentukan.

“Pihak Bulog telah menyalurkan raskin kepada masyarakat melalui pihak rekanan yang dipercayakan oleh para camat namun sampai saat ini terjadi penunggakan pembayaran bernilai ratusan juta rupiah,” ungkap  Saputra. (S5)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>