Published On: Mon, Nov 2nd, 2015

Dukung Pemerintah, Golkar Ingin Cari Peruntungan Dapat Jatah Kursi Kabinet

Share This
Tags

Partai Golkar disebut tengah mencari peruntungan mendapatkan jatah kursi menteri di Kabinet Kerja. Hal itu menyusul pernyataan pimpinan Golkar yang ingin mendukung pemerintahan Joko WidodoJusuf Kalla.

“Statemen itu juga bisa dipahami bahwa Golkar ingin mendapatkan akses kalau pemerintah mau reshuffle,” kata pengamat politik dari Universitas Gajah Mada Arie Sudjito saat dihubungi, Senin (2/11/2015).

Arie menilai, saat ini merupakan massa yang sulit bagi Golkar untuk mempertahankan posisinya di Koalisi Merah Putih. Terlebih, pasca Partai Amanat Nasional memberikan dukungan kepada pemerintah.

“Energi KMP itu sudah terkuras. Belum lagi, tidak ada sejarahnya Golkar itu jadi oposisi,” kata dia. (Baca: PAN Putuskan Bergabung dengan KIH )

Meski begitu, jika perombakan kabinet dilakukan dalam waktu dekat, kecil kemungkinan Golkar akan mendapat jatah itu. Sebab, masih ada PAN yang telah memberikan dukungan terlebih dulu.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Jakarta, Agung Laksono mengklaim, pihaknya telah bersepakat denggan Aburizal Bakrie mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hal itu disampaikan saat kegiatan Silaturahmi Nasional Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Minggu (1/11/2015) malam.

Agung menyebutkan, dukungan yang diberikan tetap memiliki loyal kritis. Artinya, Golkar loyal kepada pemerintahan, namun tetap akaan mengkritik jika ada hal-hal yang dirasa partai berlambang beringin tersebut tidak benar.

“Kami akan loyal, tetapi tetap terbuka dalam hal kritik demi kepentingan bangsa juga,” kata Agung.(kompas)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>