Published On: Wed, Oct 28th, 2015

Dukung SRG, Distan Maluku Tetap Jaga Produksi Pala

Share This
Tags

Rencana Pemerintah menjadikan komoditi Pala di Provinsi Maluku untuk diresigudangkan dalam Sistem Resi Gudang (SRG) direspons positif oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

Kepaa Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Provinis Maluku Ir. Mus Tuanaya, MT kepada Tribun-Maluku.com diruang kerjanya mengatakan, dirinya menyambut positif komoditi Pala untuk diresigudangkan dalam SRG.

“Kami sangat menyambut baik atas keinginan Pemerintah Pusat menjadikan komoditi Pala di Maluku untuk diresigudangkan dalam sistem SRG, karena dengan SRG maka pendapatan petani di Maluku akan meningkat,”katanya.

Selain itu SRG dapat memutus mata rantai para tengkulak yang selama ini melakukan praktek ijon bersama petani Pala, sehingga walaupun produksi Pala meningkat namun Petani di Maluku tetap miskin.

Dikatakan, program Kementerian Pertanian RI menetapkan kawasan pengembangan tanaman Pala di Maluku yaitu pada Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur (SBT) sedangkan kawasan pengembangan tanaman Cengkeh pada Kabupaten  Maluku Tengah dan Buru Selatan (Bursel).

Untuk itu maka Dinas Pertanian Provinsi Maluku tetap menjaga produksi Pala sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, sekaligus mendukung SRG nanti.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>