Published On: Sun, Apr 9th, 2017

Ekspor Maluku Masih Dilakukan di Pelabuhan Yos Sudarso

Share This
Tags

Sampai saat ini ekspor Maluku masih dilakukan di Pelabuhan Yosudarso, Kota Ambon. Hal ini diakui Kabid Perdagangan Luar  Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pro­vinsi Maluku, Syarif Hidayat kepada Siwalima di ruang kerjanya  Jumat (7/4).

“Jadi kalau ada yang bilang selama ini tidak ada kegiatan ekspor dari Pelabuhan Ambon itu keliru. Walaupun dalam jumlah kecil tetapi ada kegiatannya,”akui Hidayat.

Menurutnya, kegiatan ekspor tetap jalan terutama ikan kerapu. Perusahaan perikanan di Kota Ambon maupun di Kabupaten Maluku Tengah melakukan ekspor dari Pelabuhan Ambon.

“Ada satu perusahaan di Kota Ambon yakni PT Rahayu yang beralamat di Kebun Cengkeh, Desa Batu Merah. Perusahaan ini menangani kegiatan ekspor ke Thailand, Malaysia, Jepang, dan Singapura,” ungkapnya.

Ia mengaku, kegiatan ekspor hasil perkebunan belum dilaksanakan, sebab harus ada Direktorat Standardisasi dan Pengen­dalian Mutu Barang dan perusahaan yang menangani kegiatan ekspornya.

Hasil ekspor Maluku yang bertumpu pada hasil perikanan itu pun terganggu kebijakan moratorium dari Kementerian Perikanan, sehingga perusahaan perikanan di daerah ini terhenti dan berdampak pada kegiatan ekspor.

Karena itu, pemerintah daerah mengharapkan Sucofindo bisa kembali beroperasi di Maluku dan berkantor di Ambon seperti beberapa tahun lalu, sebelum terjadi konflik.

“Yang jelas perginya Sucofindo dari Ambon sangat mengganggu aktivitas ekspor komoditi hasil-hasil sumber daya alam di Maluku,” ujar Hidayat.

Selain itu kata Hidayat, saat ini pemerintah bersama PT Pelindo sedang berupaya melakukan ekspor langsung agar produk-produk yang ada di Maluku dapat lebih dikenal di negara ekspor.

“Saat ini kita masih upayakan untuk adanya ekspor langsung. Maka dari itu kita sangat dorong apa yang menjadi langkah dari PT Pelindo, karena hal itu yang dapat memajukan perekonomian Maluku,” tukasnya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>