Published On: Wed, Nov 18th, 2015

El Clasico Dipimpin Wasit pada Insiden ‘Mourinho Colok Vilanova’

Share This
Tags

ecisiFederasi Sepakbola Spanyol, RFEF, memutuskan David Fernández Borbalán sebagai wasit dari laga Real Madrid vs Barcelona akhir pekan ini, Sabtu (21/11/2015). Ini bakal jadi ketiga kalinya Borbalan memimpin laga El Clasico.

Borbalán pertama kali memimpin laga El Clasico pada 17 Agustus 2011, yang merupakan leg II Piala Super Spanyol. Pada laga yang dimenangi Barca dengan skor 3-2 itu, ia mengeluarkan delapan kartu kuning (lima untuk Madrid dan tiga untuk Barca) serta tiga kartu merah. Ketiga kartu merah itu keluar untuk Mesut Oezil, Marcelo, dan David Villa.

Laga tersebut dikenal sebagai salah satu El Clasico terpanas selama beberapa tahun terakhir. Tidak hanya karena banyaknya kartu yang dikeluarkan, tetapi juga karena keributan yang terjadi di pinggir lapangan.

Pada keributan di pinggir lapangan tersebut, pelatih Madrid kala itu, Jose Mourinho, kedapatan mencolok mata asisten pelatih Barca waktu itu, Tito Vilanova.

Kesempata kedua Borbalán memimpin El Clasico terjadi beberapa bulan kemudian, yakni pada Desember 2011. Pada pertandingan yang berlangsung di Santiago Bernabeu itu, Barcelona menang 3-1 atas Madrid.

El Clasico pertama musim ini akan dihelat di Santiago Bernabeu. Laga tersebut diputuskan tetap dilaksanakan kendati ada kekhawatiran gangguan keamanan, menyusul aksi teror di Paris pada Jumat (13/11) pekan lalu.

Presiden LFP (otoritas yang membawahi La Liga), Javier Tebas, sepenuhnya yakin pihak kepolisian bisa menjaga keamanan laga tersebut. “Seperti yang sudah-sudah, mereka akan mengambil tindakan yang diperlukan. Di Spanyol kita punya banyak pengalaman dalam hal terorisme,” kata Tebas.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>