Published On: Fri, Jan 22nd, 2016

Enam Tokoh di Maluku Berpeluang Jadi Ketua Harian Sinode GPM

Share This
Tags

ketua-sinodeGereja Protestan Maluku (GPM) akan kembali memilih Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM yang baru. Saat ini, ada enam tokoh GPM yang diprediksi akan mengikuti proses pemilihan kursi Ketua MPH Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) periode 2016-20121, melalui Sidang ke-37 Sinode GPM yang digelar dalam waktu dekat ini.

Keenam kandidat yakni AJS Weri­nussa (mantan anggota MPH Sinode GPM periode 2005-2010), C Aliyona (Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku/UKIM), AML Batlayeri (mantan Rektor UKIM), IH Hetharie (man­tan Ketua Klasis GPM Kota Ambon), Elifas Maspaitella (mantan Ketua Umum Pengurus Besar Angkatan Muda Gereja Kristen Protestan/PB AMGPM) dan Jacky Manuputty (Ketua Balitbang GPM).

Dilansir Beritasatu.com, Sekretaris Klasis GPM Pulau-pulau Aru Pendeta A Rutu­malessy mengatakan, siapapun yang terpilih menjadi ketua sinode telah menjadi pergumulan bersama anggota jemaat di Aru selama tiga bulan sebelum pelaksanaan sidang sinode.

“Kami tidak melihat figur tertentu, siapapun yang terpilih kami percaya itu adalah jawaban dari doa umat,” katanya kepada SP, Rabu (20/1).

Klasis Pulau-pulau Aru, katanya, mengharapkan ketua MPH Sinode GPM mendatang, bisa menyatukan seluruh potensi yang dimiliki oleh GPM untuk merawat umat dan memelihara kehidupan bersama d masyarakat.

“Ketua MPH Sinode GPM yang terpilih nanti hendaknya bersama umat bisa menggumuli seluruh potensi yang dimiliki gereja, misalnya gereja dapat mendorong pemerintah dalam pembuatan kepu­tusan yang bisa menyejahterkan dan menjawab kebutuhan umat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Klasis Buru Selatan (Bursel), Pendeta Vecky Lesbata mengharapkan ketua sinode yang baru nanti dapat membawa gereja sesuai dengan perkembangan zaman dengan terus melakukan pembaharuan tetapi tidak meninggalkan entitas gereja yakni berpusat pada Kristus.

“Pembaharuan memang dibutuhkan dan gereja ada dalam zaman yang selalu berkembang. Untuk itu gereja jangan lupa membawa peran membawa damai sejahtera ke tengah-tengah dunia,” katanya.

Ketua MPH Sinode GPM, Pendeta John Ruhulessin mengakui banyak kandidat berpotensi menduduki kursi Ketua Harian Sinode. Jadi biarkan prosesnya berjalan secara dinamis.

“Kita inginkan bagaimana sosok pemimpin gereja mendatang bisa berkontribusi positif bagi daerah serta bagaimana mempunyai arti dan manfaat bagi masyarakat Maluku,” katanya seusai pembukaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap Sinode GPM ke 37 di Gereja Joseph Kam, Ambon, Minggu (17/1) lalu.

sumber: Suara Pembaruan/Vonny Litamahuputty/Jeis Montesori/JEM

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>