Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Fatwa Terindikasi Curang, DOA Ogah Ucapin Selamat

Share This
Tags

Hingga saat ini pasangan calon Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) nomor urut tiga, Dharma Oratmangun – Markus Faraknimela atau dikenal dengan istilah DOA belum menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang Pilkada MTB, Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (Fatwa).

Sesuai hasil sidang pleno KPUD MTB, Fatwa keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara sebanyak 22.053 suara atau 39,74 persen, sedangkan Doa mendapatkan perolehan suara sebanyak 19.923 suara atau 35,89%. Selisih dari kedua pasangan ini mencapai 3,85 persen.

Sebelum hari pencoblosan, masing-masing pasangan sudah berjanji saat debat kandidat untuk saling legowo mengakui kemenangan nanti, tapi kesepakatan tersebut diingkari oleh pasangan DOA.

Dikonfirmasi mengenai hal ini melalui via-telepone, mengungkapkan akan memberikan ucapan selamat jika proses Pilkada berjalan sesuai aturan tanpa ada masalah apapun. Namun nyatanya, terjadi pelanggaran di sejumlah Tempat Pengumutan Suara (TPS), sehingga harus dilakukan pengumutan suara ulang.

“Saya akan memberikan ucapan selamat jika segala proses pilkada berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Namun nyatanya terjadi pelanggaran,” ujar Oratmangun.

Dikatakan, temuan pelanggaran telah dibenarkan oleh Panwaslu melalui rekomendasi yang diajukan kepada KPUD MTB. Namun sampai saat ini, KPUD tidak menindaklanjuti rekomendasi Panwas tersebut. “Beberapa hari lalu kelima komisioner telah diperiksa secara intensif oleh penyidik di Gapundo Panwas MTB,” ungkapnya.

Oratmangun berharap adanya sikap pro aktif dari KPUD MTB untuk menindaklanjuti rekomendasi yang telah diajukan, mengingat secara sah terbukti telah terjadi pelanggaran. (kilasmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM