Published On: Thu, Nov 10th, 2016

Foto PANTAS Sengaja Dibikin tak Menarik

Share This
Tags

baliho_1_okKPU Kota Ambon terkesan tak adil dalam proses pembuatan dan pencetakan baliho sosialisasi pasangan Walikota dan Wakil Walikota Ambon peserta Pilkada 2017.

Buktinya, pada baliho berukuran 5 x 10 meter itu yang dipasang KPU Kota Ambon melintasi ruas jalan dokter Siwabessy ternyata proporsi foto kandidat diatur tak seimbang.

Foto pasangan calon nomor urut 1 justru dibuat lebih jelas, dibandingkan pasangan Paulus Kastanya-MAS Latuconsina (nomor urut 2). Wajah pasangan dengan akronim PANTAS pada foto tersebut, diduga sengaja dibuat tak menatik. Bukan itu saja, fotonya terlihat sengaja dikaburkan pada baliho yang sudah terpasang sejak Rabu (9/11) malam.

Penambahan baliho tersebut ternyata mengundang reaksi warga yang melintasi ruas jalan tersebut.

“Baliho ini terkesan ada kesengajaan dari yang membuat untuk menempatkan foto kedua pasangan tak seimbang. Foto yang diserahkan pasti ukurannya sama, namun operator yang merancang baliho ini pasti mengaturnya sesuai pesanan KPU Kota Ambon yang berkuasa penuh untuk proses pembuatan dan pencetakannya,” ungkap Nicko, warga semenanjung Nusaniwe yang setiap hari melewati ruas jalan dokter Siwabessy, kepada Siwalima di Ambon, Kamis (10/11).

Menyikapi hal ini, Ketua Tim Hukum Pasangan PANTAS, Jonathan Kainama mengaku segera menyurati KPU Kota Ambon meminta foto kandidat diatur ulang supaya lebih seimbang.

“Kita akan surati secara resmi hari ini juga. Kita minta foto kandidat diatur ulang supaya lebih seimbang,” tandas Jonathan kepada Siwalima di Ambon, Kamis (10/11).

Dikatakan, walaupun segera menyurati KPU Kota Ambon, namun Ketua KPU Marthinus Kainama sudah menghubunginya melalui telepon. “Ketua KPU sudah telepon saya minta untuk menyerahkan foto yang resolusinya tinggi supaya balihonya segera diganti secepatnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Marthinus Kainama justru menyalahkan staf penghubung tim pemenangan PANTAS.

Ia mengaku sebelum baliho tersebut dicetak, ia sudah meminta staf penghubung tim pemenangan PANTAS untuk memasukan foto pasangan calon yang resolusinya tinggi.

“Saat baliho itu dirancang saya sudah tahu hal itu. Saya sudah minta melalui staf penghubung tim pemenangan PANTAS untuk memasukan foto pasangan calon yang resolusinya tinggi, karena foto yang diserahkan justru resolusinya rendah sehingga ketika diperbesar ternyata fotonya tak proporsional dan kualitasnya jelek. Namun staf penghubung itu tak menyerahkan foto pengganti,” ungkap Kainama kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (10/11).

Ia memastikan baliho itu segera akan diganti, setelah staf penghubung tim pemenangan PANTAS menyerahkan foto pasangan calon yang resolusinya lebih tinggi. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>