Published On: Mon, Nov 2nd, 2015

Fraksi PDIP Desak Evaluasi SKPD Yang Tak Capai PAD

Share This
Tags

Fraksi PDI Perjuangan mendesak Wali Kota Ambon untuk mengevaluasi SKPD yang tidak mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Bila dalam rentan waktu dua bulan ini, SKPD di Lingkup Pemerintah Kota Ambon yang merupakan dinas penghasil PAD tidak mampu bekerja dengan baik dan target pendapatan yang telah ditentukan tidak tercapai, maka perlu menjadi perhatian serius,” kata Juru Bicara Fraksi PDI-P, Leonora Far Far dalam pandangan Fraksi terhadap Rancangan Perda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Ambon Tahun Anggaran 2015, di Ruang rapat Paripurna DPRD di Belso-Ambon (2/11)

Pandangan fraksi PDIP terhadap evaluasi, kata Far-Far, dipandang perlu untuk dijadikan referensi penyusunan APBD 2016, sehingga belanja atau kegiatan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut diberikan sesuai presentasi pertanggungjawaban penerimaan kecuali yang berproses untuk mendapatkan APBN.

“Bagi kami evaluasi perlu dilakukan oleh Wali Kota Ambon bagi mereka yang tidak mampu menghasilkan pendapatan sesuai yang telah ditetapkan itu,” ungkapnya.

Bagi PDIP, Setiap SKPD pengelola penghasil PAD dituntut untuk lebih profesional mengintensifkan dan mengintensifkan potensi sumber PAD yang sudah terdata dan sesegera mungkin melakukan sosialisasi terhadap pemberlakuan perada Kota Ambon tentang hal dimaksud.

Menanggapi permintaan fraksi, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, permintaan beberapa fraksi di DPRD memang akan menjadi catatan penting, tetapi bukan hanya evaluasi terhadap SKPD yang tidak mampu mencapai target pendapatan, tetapi juga bagi SKP yang selama ini turun langsung dan melayani publik.

“Memang ada beberapa fraksi yang meminta agar melakukan evaluasi kepada pimpinan SKPD yang tidak mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan, itu akan menjadi perhatian saya. Tetapi bukan hanya kepada yang mengelola pendapatan, tetapi juga akan dilakukan kepada SKPD yang secara langsung melayani masyarakat, itu akan saya perhatikan nantinya”, tegasnya.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>