Published On: Wed, Oct 28th, 2015

Garuda Gagal Mendarat di Langgur

Share This
Tags

Pesawat Garuda de­ngan nomor ATR 72 Seri 600 tu­juan Am­bon-Langgur, Maluku Teng­gara, tak bisa mendarat akibat ka­but asap pe­kat yang menyelimuti Bandara Karel Sadsuitubun, Selasa (27/10).

Pesawat dengan nomor pener­bangan GA7640D yang mengang­kut 72 penumpang itu lepas landas da­ri Bandara Pattimura Am­bon se­jak pukul 05.30 WIT, namun ak­hir­nya gagal mendarat dan kembali ke Bandara Pattimura, Am­bon setelah kabut asap pekat menyelimuti udara diatas wilayah Maluku Tenggara.

“Sekitar 10 menit pesawat akan landing tiba-tiba ada pemberitahuan kepada kami para penumpang kalau pesawat tidak bisa mendarat,” kata F Patty, salah seorang penumpang kepada Kabar Timur.

Dia mengungkapkan, pesawat yang ditumpangi itu akhirnya kem­bali ke Bandara Pattimura sekitar pu­kul 10.00 WIT. Beberapa saat ke­mu­dian pesawat kembali terbang ke Langgur.

Menurutnya, saat itu dia dan se­jumlah penumpang sempat me­lihat kabut asap begitu menye­limuti wila­yah Maluku Tenggara.

“Bandara tidak terlihat sama sekali karena tertutup kabut asap. Jadi, nanti setelah balik ke Ambon, baru pesawat terbang lagi ke Ma­luku Tenggara, dan kita baru sam­pai dibandara Langgur pada pukul 11.30 Wit,” ujar Patty.

“Tadi kami berputar-putar di udara sekitar 3 jam, padahal jarak tem­puh pesawat dari Ambon ke Lang­gur itu hanya sekitar 1 jam 20 menit,” ujar dia.

Sumber Kabar Timur di Ban­dara Pattimura menyebutkan, pesa­wat tersebut sedianya sudah harus be­rangkat sejak Senin kemarin, pu­kul 04.00 WIT. Namun karena per­tim­bangan cuaca, pihak Ga­ru­da akhirnya membatalkan kebe­rang­katannya. Pesawat pun baru berangkat pada Selasa pagi tadi.

Sementara itu Kepala Opera­sio­nal Angkasa Pura Bandara Patti­mu­ra, Ambon, Faber Butarbutar yang di­kon­firmasi terkait insiden itu ti­dak menjawab panggilan telepon dan membalas SMS dari Kabar Ti­mur.  (KTR-kabartimr)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>