Published On: Tue, Jan 19th, 2016

Garuda Jajaki Rute Ambon – Nabire

Share This
Tags

1Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjajaki rute Ambon, Maluku – Nabire, Papua, menyusul telah dibuka rute Ambon – Sorong pada Mei 2015.

“Penjajakan rute Ambon – Nabire dilakukan sebagai upaya menghidupkan kembali rute Surabaya – Ambon – Sorong yang saat ini mengalami penurunan,” kata General Manager Garuda Indonesia cabang Ambon, Sonny Pongoh, Selasa (19/1).

Ia mengatakan, rute Surabaya – Ambon – Sorong akan menghubungkan Nabire – Ambon menggunakan pesawat ATR 72-600.

Penjajakan rute penerbangan Ambon – Sorong – Nabire dilakukan karena pasar penerbangan di Indonesia Timur semakin diminati oleh pelanggan.

“Prinsipnya Kota Sorong dan Nabire siap dilayani penerbangan karena seluruh fasilitas pendukung sudah memadai, serta sebelumnya telah diterbangi pesawat Garuda. Rute ini cukup menguntungkan, dan diharapkan dapat membantu masyarakat Maluku untuk melakukan kunjungan ke Papua,” katanya.

Sonny menyatakan, pihaknya sementara memproses pengajuan izin ke Kementerian Perhubungn, selanjutnya menunggu keputusan manajemen dan Dirjen Perhubungan Udara untuk penyiapan kabin kru.

“Kami melihat rute tersebut layak untuk dibuka karena peluang penerbangan ke Indonesia Timur semakin hari mengalami peningkatan terutama untuk tujuan Papua,” ujarnya.

Menurut dia, selama ini para penumpang dari Ambon tujuan Sorong, Jayapura, Timika dan daerah lain di Papua harus transit ke Makassar dulu, baru melanjutkan ke kota tujuan karena belum ada penerbangan langsung.

“Pembukaan rute baru ini diharapkan dapat membantu masyarakat pengguna jasa penerbangan,” katanya.

Ia mengemukakan, peningkatan penumpang berbagai tujuan baik dari dan ke Ambon terus mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan terjadi untuk rute Jakarta – Ambon, Makassar, Ternate, Sorong, maupun rute dalam wilayah Maluku seperti Saumlaki.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>