Published On: Fri, Jun 2nd, 2017

Golkar Masih Tunggu Putusan Mahkamah Partai

Share This
Tags

Partai Golkar Kota Ambon sampai sekarang masih menunggu putusan Mahkamah Partai menyangkut pengganti almarhum Husein Toisutta. Pasca meni­nggalnya almarhum, kursi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon milik Golkar  yang ditinggalkannya belum juga terisi.

Semula DPRD Kota Ambon telah mengagendakan untuk menggelar pe­lantikan Ely Toisuta menggantikan almarhum pada Rabu (3/5) yang lalu Namun sehari menjelang pelantikan, DPRD justru menunda proses dimaksud.

Hal itu diakibatkan adanya gugatan atas usulan pelantikan Ely sebagai Pimpinan DPRD Kota Ambon dari Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Ambon Marcus Pattiapon yang keberatan terhadap putusan DPP Partai Golkar Nomor B-906/GOLKAR/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016 perihal Persetujuan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

Sekertaris Partai Golkar Kota Ambon, Max Siahay saat dikonfirmasi Siwalima melalui telepon seluler, Rabu (31/5) mangaku, sampai saat ini pihaknya belum mendapat infromasi terkait keputusan Mahkamah Partai Golkar itu.

“Kita sementara masih menunggu pemberitahuan dari pihak Mahkamah Partai Golkar. Karena ini kan masalah pribadi terkait dengan gugatan saudara Marcus Pattiapon yang menggugat keputusan DPP. Jadi kita sifatnya masih menunggu, karena semuanya ada pada Mahkamah Partai,” jelas Siahay.

Ia mengaku, kalaupun sudah ada informasi terkait dengan masalah tersebut, maka pihaknya akan menerima pembe­ritahuan dari Mahkamah Partai Golkar. “Kalau sudah ada keputusan pasti sudah dilayangkan ke kami, namun sampai sekarang belum ada surat dari Mahkamah Partai,” ujar Siahay.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pattiapon melalui kuasa hukumnya Theodoron Makarios Solissa melayangkan surat ke Gubernur Maluku dengan tem­busan ke DPRD Maluku tentang Permo­honan Penundaan Pelantikan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon sekaligus Pemberita­huan Tentang Telah Didaftarkannya Per­mohonan Penyelesaian Perselisihan Internal Partai Golkar Terhadap Pembatalan Surat Keputusan DPP Partai Golkar nomor B-906/GOLKAR/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016 tentang Persetujuan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

Surat tertanggal 29 April 2017 tersebut, intinya pertama, menyikapi surat pembe­ritahuan nomor 171/158/DPRD tanggal 28 April 2017 yang ditandatangani Sekre­tarisDPRD Kota Ambon tentang rapat pari­purna istimewa dalam rangka peng­am­bilan sumpah/janji  Pengganti Antara Wak­tu (PAW) Wakil Ketua DPRD,  Rabu (3/5).

Acuan hukumnya adalah Surat Keputusan Gubernur Maluku yang asal muasalnya penerbitannya melalui Surat Keputusan DPP Golkar nomor B-906/GOLKAR/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016 perihal persetujuan wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

Kedua, Bahwa surat keputusan DPP Golkar nomor B-906/GOLKAR/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016 perihal Perse­tujuan Wakil Ketua DPRD Kota, saat ini sementara diajukan keberatan terhadap keputusan partai oleh Marcus Pattiapon melalui mahkamah Partai Golkar di Jakarta berdasarkan surat tanda terima permo­honan tanggal 25 April 2017.

Ketiga,Bahwa atas dasar pengajuan keberatan terhadap keputusan partai oleh Marcus Pattiapon maka panitera mahkamah partai Golkar telah melakukan pencatatan pada buku registrasi.

Menyikapi hal tersebut Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Ambon Max Siahay kepada Siwalima usai mengikuti pelantikan PAW anggota DPRD Kota Ambon, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Rabu (3/5) mengatakan pihaknya siap mengikuti proses sidang di Mahkamah Partai sehingga siap menunggu putusan gugatan tersebut. “Rencanaya Kamis (4/5) ada sidang di Mahkamah Partai Golkar. DPD II saya dengan ketua besok (hari ini-red) kita akan hadir untuk mengikuti proses sidang yang prosesnya akan berlangsung paling lama 2 minggu ke depan. DPD siap menerima apapun keputusan sidang,” katanya.

Ia menilai gugatan yang diajukan Pattiapon merupakan hal yang wajar untuk semua kader partai Golkar yang merasa dirugikan. “Semua orang punya hak secara pribadi dan itu sudah diatur dalam organisasi,” jelasnya.

Pelantikan Ely sebagai pimpinan DPRD Ambon, sebenarnya telah disetujui oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, lewat keputusan nomor 123 tahun 2017, ter­tanggal 31 Maret 2017 tentang Peresmian Pengangkatan PAW Wakil Ketua DPRD Ambon periode 2014-2019.

Keputusan tersebut juga mengacu pada SK DPP Golkar nomor 906/Golkar/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016, tentang Persetujuan Penggantian Wakil Ketua DPRD Ambon. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>