Published On: Mon, Nov 27th, 2017

Gubernur: Maluku Patut Bangga Raih Piala KI Hajar Dewantara

Share This
Tags

Belum lama ini, Jepon Nanlohy dari Sekolah Da­sar Negeri 4 PDK, meraih piala KI Hajar Dewantara 2017. Maluku patut ba­ngga, karena bisa menda­patkan piala KI Hajar Dewantara untuk pertama kalinya.

Hal ini dikatakan, Gu­bernur Maluku Said Assa­gaff kepada wartawan di sela-sela perayaan HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2017 di depan Gong Perdamaian Dunia, Sabtu (25/11).

Menurutnya, perlombaan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Pe­ngembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan lomba bergengsi selain olimpiade. Setidaknya melalui perlombaan ini guru, dan siswa terus terangsang untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses belajar, serta, memfasilitasi siswa untuk menunjukan prestasi.

“Maluku tahun 2017 mendapatkan penganugerahan KI Hajar Dewantara yang diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia beberapa waktu lalu. Dari 34 provinsi, enam provinsi yang diberikan salah satunya Maluku,” ujar Gubernur.

Gubernur mengaku bangga saat menerima Jepon Nanlohy pada Rabu (22/11) lalu di ruang kerjanya.

“Ini menunjukan anak-anak Ma­luku mampu bersaing dengan daerah lain­nya. Anak-anak Maluku tidak ketinggalan, dan dunia pendidikan Maluku menunjukan kemajuan,” tandasnya.

Gubernur mengatakan, masih ba­nyak lagi anak Maluku yang mem­punyai kemampuan seperti Nanlohy. Oleh sebab itu, ia meminta Dinas Pen­didikan dan Kebudayaan Ma­luku memperhatikan semua proses pendidikan di Maluku dan anak-anak yang mempunyai kemampuan harus disekolahkan pada SMA Negeri Siwalima.

Gubernur menjelaskan, ada dua kategori yang diterima oleh Maluku, yakni Penghargaan Anugerah KI Hajar Dewantara khusus yang dibe­ri­kan kepadanya selaku Gubernur, dan untuk Nanlohy sebagai siswa Maluku yang berjuang dalam ajang perlombaan KI Hajar Dewantara.

Sementara Kepala Dinas Pendi­dikan dan Kebudayaan Provinsi Ma­luku M. Saleh Thio,  mengata­kan, dirinya bersyukur dari 34 Provinsi di Indonesia, Gubernur Maluku masuk pada rangking lima.

“Ini semua dikarenakan keberpi­hakan Gubernur terhadap TIK baik untuk anggaran maupun komputer,” ujarnya.

Pimpin Jalan Santai

Gubernur Maluku, Said Assagaff melepas sekaligus memimpin jalan santai dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-72 dan HGN Tahun 2017 yang diselenggarakan di Kota Ambon, Sabtu (25/11) pagi.

Peserta jalan santai ini diikuti oleh ribuan guru maupun para pelajar dari SMA, maupun SMP di Kota Ambon. Jalan santai yang dilepas Gubernur pukul 07.00 WIT dari La­pangan Merdeka Ambon, kemudian melintasi Jalan Pattimura, Jalan Ahmad Yani, Jalan Dipone­goro, Tri­kora, Jalan AY Patty dan kembali finish di Lapangan Merdeka.

Usai jalan santai, Gubernur, me­nyaksikan perlombaan Marching Band dari 13 SMK/SMA/MA di Kota Ambon.

Gubernur mengatakan, melalui momentum HUT PGRI ke-72 dan HGN Tahun 2017, dapat mencip­takan anak-anak Maluku yang lebih berkualitas lagi.

“Ini sangat luar biasa karena dapat menciptakan anak-anak Malu­ku yang berkualitas. Misalnya, da­lam kejuaran nasional, selalu ada anak Maluku yang berprestasi. Saya bangga. Saya minta para guru lahir­kan anak-anak berprestasi kita lebih banyak lagi seperti dia,” ungkap Gubernur, kepada wartawan.

Pemerintah daerah akan terus memperhatikan kebutuhan guru-guru di Maluku. Prioritas utama pemerintah ialah peningkatan mutu pendidikan.

“Mutu pendidikan harus kita tingkatkan. Anak-anak kita harus lebih baik. Dan saya minta tadi kepada para guru yang memang mau partisipasi di desa maupun keca­matan, mari kita tingkatkan mutu pendidikan dari desa dan keca­matan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pen­di­dikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang juga merupakan Ketua PGRI Maluku M. Saleh Thio, menjelaskan, ada sejumlah lomba digelar dalam rangka HUT PGRI ke-72 dan HGN Tahun 2017,  dian­taranya Lomba Hymne PGRI, Marching Band, dan Workshop.

Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan yang digelar baik dari lomba hingga workshop, akan sangat membantu guru dan siswa dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

Puncak peringatan HUT PGRI ke-72 dan HGN akan diselenggarakan tanggal 28 November, melalui upa­cara ber­sama di Lapangan Merdeka.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>