Published On: Thu, Aug 31st, 2017

Gubernur Minta Unpatti Secepatnya Berakreditasi A

Share This
Tags

Gubernur Maluku Said Assa­gaff meminta agar Universitas Pattimura di tahun 2018 sudah harus meraih akreditasi A.

Unpatti menurut gubernur, tidak boleh puas dengan akre­ditasi B saat ini, namun sebagai sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Maluku harus mampu menunjukan kualitas dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan akreditasi A.

“Unpatti kini sudah berakre­ditasi B, tahun depan saya minta sudah harus akreditasi A,” tandas Gubernur saat Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda Sarjana, Profesi Dokter, Magister dan Doktor Universitas Pattimura Periode Agustus 2017, di Auditorium Unpatti, Rabu (30/8).

Sebagai kampus utama di daerah ini, gubernur mengatakan, Unpatti dituntut untuk menghasilkan lulu­san yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang handal dan siap terjun di dalam dunia kerja, atau bahkan, lulusan dengan kapasitas dan kompetensi yang mampu membuka lapangan kerja baru, anak-anak di daerah ini.

“Disinilah maknanya, bahwa Unpatti Ambon tidak hanya mewu­judkan amanat dan tujuan bernegara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga ikut mendorong peningkatan kesejahteraan masya­rakat Maluku,” katanya.

Selain itu, wisuda yang berlangsung periode Agustus 2017 tersebut menurut Gubernur sebagai sebuah anugerah dalam pembangunan kualitas SDM di daerah ini.

Keberhasilan yang telah diraih oleh para wisudawan sebanyak 1.138 lulusan hari ini, yang terdiri dari 1 lulusan program doktor, 107 magister, 1.028 sarjana dan 2 profesi dokter, tidak semata-mata menjadi harapan dan kebanggaan  keluarga saja, tetapi juga menjadi harapan dan kebanggaan, baik sebagai warga Maluku maupun warga bangsa Indonesia.

Kepada Rektor Unpatti, Gubernur berharap kiranya kerjasama yang telah dibangun dengan pemprov selama ini, tetap dapat dipelihara dan lebih ditingkatkan di masa mendatang, sebagai wujud dharma bakti lembaga pendidikan ini untuk masyarakat Maluku. Pemerintah daerah juga akan terus berkomitmen memajukan kampus ini.

“Untuk itu, sebagai Kampus Orang Basudara, izinkanlah saya selaku pimpinan daerah ini untuk mengingatkan semua civitas akademika dan tenaga kependidikan di kampus ini untuk tetap bersatu dalam spirit hidup orang basudara. Jangan jadi gerombolan, apalagi menciptakan polarisasi berdasarkan agama, suku, kampung, atau kelompok. Karena cara-cara seperti itu, bukan merupakan cerminan insan akademis. Tapi yang katong harapkan dari kampus tercinta ini, samua bisa bakukele laeng deng laeng kasih maju kampus ini, baik itu aspek pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Masyarakat,” bebernya.

Dari kampus ini katanya, diharapkan bisa berkompetisi secara nasional dan internasional, memliki sumberdaya yang bermutu, serta karya-karya ilmiah yang yang terakreditasi secara nasional dan internasional.

Selain itu, gubernur berharap, agar karya-karya akademik yang bereputasi nasional dan internasional yang dihasilkan dari kampus ini, jangan hanya dipajang, dan hanya dijadikan sebagai Borang Akreditasi Kampus, tapi harus dibaca oleh semua civitas akademika di kampus ini, dan disosialisasi secara meluas kepada masyarakat.

Sementara itu, Rektor Unpatti Martinus Sapteno mengajak para wisudawan untuk tidak merasa puas dengan keberhasilan yang diraih saat ini, karena kedepan masih ada tantangan yang menanti. Mereka dituntut untuk belajar terus menerus agar meraih keberhasilan yang lebih baik lagi kedepannya.

“Bagi para wisudawan harus belajar terus menerus, harus bisa mengembangkan diri, kesempatan untuk mencari pekerjaan saat ini semakin kecil bila dibandingkan dengan keluaran dari setiap perguruan tinggi setiap tahunnya yang mencapai 4.000 – 5.000 orang,” jelasnya.

1.028 lulusan sarjana yang diwisudakana  terdiri dari Fakultas Hukum 109 lulusan, FISIP 99 lulusan, FKIP 441 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 94 lulusan, Fakultas Pertanian 57 lulusan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 84 lulusan, Fakultas Teknik 41 lulusan, Fakultas MIPA 96 lulusan, dan Fakultas Kedokteran 9 lulusan. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku